Genteng Lumajang sudah Ber-SNI

Genteng Lumajang sudah Ber-SNI SIDAK. Anggota komisi B DPRD Lumajang saat melihat genteng produksi UKM Rahayu yang sudah mengantongi label SNI. foto : imron/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Genteng sudah mengantongi label SNI (Standar Nasional Indonesia). Salah satu UKM (Usaha Kelompok Masyarakat) yang memproduksi genteng yakni UKM Rahayu yang berada di Kecamatan Kunir, berhasil mendapat sertifikat SNI.

Ketua Komisi B DRPD Solikhin, SH, usai sidak ke lokasi tempat produksi genteng tersebut mengatakan, setelah sertifikat SNI didapat, genteng dari siap bersaing dengan daerah lain. Tak cukup hanya untuk memenuhi kebutuhan di daerah sendiri, genteng juga diharap bisa bersaing mengisi pasar luar daerah.

"Tak cukup hanya diperjualbelikan di daerah sendiri, tapi juga daerah lain," katanya kepada wartawan, Minggu (10/1).

Solikhin menjelaskan, genteng baru mendapatkan SNI karena dulu saat diuji genteng masih tidak sempurna lantaran dimensinya yang tidak sesuai dengan standar. Saat diuji coba dengan dipanaskan hingga 1000 derajat, genteng retak lantaran terdapat campuran pasir.

"Sebelumnya ditolak karena genteng yang dihasilkan cepat mrembes. Karena dicampuri pasir, sehingga mudah retak. Jadi tidak mampu bertahan lama," tambahnya.

Usai mendapat sertifikat SNI, lanjut Solikhin, genteng tidak kalah dari daerah lain dan mampu bersaing seperti dengan genteng Madura dan dari Jember yang lebih dikenal. "Sebelumnya terkesan kalah dari genteng Madura, karena genteng dari Madura tipis namun kualitasnya bagus," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindang) Agus Eko mengatakan, proses pengurusan sertifikat SNI sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah. Tak hanya itu, pemerintah juga membantu sejumlah alat prosuksi guna meningkatkan kualitas genteng. "Ini sudah merupakan kemajuan, dan diharapkan bisa terus berkembang dan terus mampu bersaing," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO