Kursi Komisioner KPU Bondowoso Banjir Peminat

BONDOWOSO (bangsaonline) - Pasca dibukanya pendaftaran komisioner KPU Bondowoso pada 19 April lalu, secretariat tim seleksi KPU langsung dibanjiri para peminat. Hingga kemarin, sudah sekitar 100 pelamar yang melakukan proses pendaftarannya. Mereka berasal dari berbagai profesi, mulai dari pekerja media hingga yang saat ini masih duduk sebagai penyelenggara Pemilu.


H Mas'ud, Ketua Tim Seleksi KPU Bondowoso menjelaskan, masa pendaftaran komisioner KPU ini masih akan ditutup pada 25 April mendatang.Setelah pendaftaran ditutup, Timsel kemudian akan melakukan seleksi administrasi terhadap berkas-berkas yang sudah diserahkan tersebut. Seleksi administrasi ini akan dilakukan pada 26-27 April.

Setelah itu, akan ada sejumlah tes dan seleksi lagi yang akan diikuti oleh mereka yang lolos seleksi administrasi.Di antaranya adalah tes kesehatan yang melibatkan RSUD Bondowoso. Selain itu juga ada tes psikologi.

“Untuk tes psikologi ini timsel menggandeng pakar dari perguruan tinggi,” tambanya. Ada juga tes tulis di mana soal yang diberikan langsung dari KPU Pusat. Sejauh ini, Timsel pun belum mengetahui materi soal tes tulis yang diberikan kepada peserta pendaftaran.

Menurut Mas'ud, bagi para pendaftar yang memiliki pengelaman menjadi penyelenggara pemilu tentu memiliki poin tersendiri. Kendati begitu, hal itu bukan menjadi jaminan. Karena banyak item penilaian lain yang harus dimiliki oleh calon komisiner KPU.
Misalnya terkait dengan integritasnya. Timsel akan melihat apakah calon tersebut bias dipercaya menjadi sosok komisioner yang bebas dari kepentingan dan tekanan.

Selain itu tentu calon komisioner harus memiliki pengetahuan dan mampu menjalankan roda organisasi KPU. Yang tak kalah pentingnya adalah independensi, di mana calon tersebut tidka terikat dengan kepentingan politik pihak mana pun. Dari beragam tes tersebut, KPU akan melakukan semacam FGD yang kemudian akan menetapkan 10 besar.

“Dari sepuluh besar itu akan dikirim ke KPU Jawa Timur untuk ditetapkan siapa lima besar yang akan duduk di kursi komisioner KPU Bondowoso ke depan,” tambahnya.

Informasi yang berhasil dihimpun Harian Bangsa menyebutkan, sejumlah pekerja media dan aktivisi LSM mendaftarkan diri untuk menjadi komisioner KPU. Selain itu, lima komisioner KPU saat ini dan sejumlah anggota PPK juga mendaftar diri.(gik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO