Kurang Tidur, Bisa 'Koyakkan' Ginjal Anda

Kurang Tidur, Bisa Jika stres, lebih baik dipakai tidur aja, biar fungsi ginjalnya gak terganggu. foto: repro mirror.co.uk

LONDON,BANGSAONLINE.com - Jika Anda tidur kurang dari 5 jam sehari, maka muncur resiko kerusakan ginjal hingga 65 persen. Demikian para ahli mengatakan.

Temuan dramatis dari para peneliti AS menunjukkan, betapa pentingnya tidur untuk ginjal Anda. Para ahli di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, Massachusetts, mempelajari lebih 4.000 orang dalam satu dekade terakhir.

Mereka menemukan orang-orang yang tidur lima jam setiap hari, kemungkinan terserang gagal ginjal 65 persen. Perlahan tapi pasti, fungsi ginjal menurun, dibanding dengan orang yang tidur 8 jam sehari. Penemuan ini dipresentasikan pada konferensi medis utama di San Diego.

Dr Joseph Ciaran McMullan, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Ini adalah studi prospektif pertama yang menemukan bahwa durasi tidur pendek dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal. Temuan dari penelitian ini digabungkan dengan penelitian dari orang lain, menunjukkan bahwa fisiologi ginjal dapat dilakukan secara negatif oleh gangguan tidur, termasuk pembatasan tidur."

Padahal, satu dari tiga manusia menderita kurang tidur karena stres, main komputer, atau mungkin karena jam kerja. “Memang para ahli sebelumnya, mengatakan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan resiko kesehatan yang serius, seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Kini, ada satu lagi, yaitu cepat menurunnya fungsi ginjal.”

Studi baru ini menunjukkan lima jam atau kurang dapat memiliki efek serius pada kesehatan ginjal Anda. Sebab, peran utama dari ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dari darah sebelum mengubahnya menjadi urin. Ginjal juga membantu menjaga tekanan darah, membantu jantung dan otot berfungsi dengan baik, menjaga kesehatan tulang dan merangsang produksi sel darah merah.

Penelitian ini adalah yang pertama, yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengurangi kemampuan ginjal untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini dalam jangka panjang.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO