Ini Alasan Kita Kerap Mengantuk

Ini Alasan Kita Kerap Mengantuk

Anda lelah dan mengantuk? Itu wajar. Tetapi, dalam kondisi tertentu, tiba-tiba saja kantuk itu datang. Untuk itu, perlu dicermati, bagaimana gaya dan pola hidup Anda. Caroline Jones dalam Mirror.co.uk, mencatat 10 hal yang menyebabkan kantuk mudah menyerang Anda.

  • Anda tidak cukup berolahraga ringan. Satu penelitian di University of Georgia menemukan, responden yang berolahraga ringan 20 menit, tiga hari dalam seminggu, dilaporkan tidak mudah mengantuk enam minggu kemudian.
  • Anda Tak mematikan Gadget saat menjelang tidur. Memainkan gadget menjelang tidur, bukan membuat otak rileks, malahan menjadikan stress. Cahaya biru dari gadget mengganggu tidur dan menipu otak ke dalam hormon ‘bangun’. Ini yang menjadikan anda mudah mengantuk.
  • Anda Kecanduan Kopi. Memang efek kafein seakan membawa mata kita bisa melek lama, tetapi otak kita tak suka diganggu simultan. Dr Chidi Ngwaba, direktur The Medicine Clinic mengatakan, otak akan bereaksi untuk mengurangi respon simultan itu. Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa minum kopi enam jam sebelum tidur, menjadikan kualitas tidur sangat rendah.
  • Anda kurang mengonsumsi zat besi. Kepala Nutrisi Healthspan Rob Hobson mengatakan: "Sertakan banyak makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan kering, dan pasangan mereka dengan makanan seperti buah jeruk kaya akan vitamin C.” Ini akan menjadikan tidak mudah mengantuk.
  • Anda kurang minum. Bekerja di ruang ber AC, menjadikan Anda menyepelekan minum, karena memang tidak haus. Dalam kondisi tubub butuh cairan, namun tak terpenuhi inilah, menjadikan mudah terserang kantuk. Pasalnya, tekanan darah turun dan berarti tidak cukup darah sampai ke otak atau otot.
  • Anda kelebihan mengonsumsi gula, terlalu memorsir tenaga saat bekerja, dan karena faktor penuaan.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO