Kodim 0814 Dropping Air Desa Kekeringan di Jombang

Kodim 0814 Dropping Air Desa Kekeringan di Jombang

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kekeringan dan krisis air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Jombang kian meluas hingga 18 Desa di Lima Kecamatan. Sebagai bentuk kepedulian anggota di hari ulang tahun (HUT) ke-70, Anggota Kodim 0814 memberikan bantuan air bersih kepada warga yang kekurangan air bersih seperti di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jumat (02/01/2015).

Bantuan air bersih tersebut di salurkan kepada warga Desa yang mengalami krisis air bersih Sebagai tindakan nyata. Mereka mengirimkan 10.000 liter air bersih ke dusun di kaki bukit tersebut. Kekeringan di Dusun Marmoyo memang sudah terjadi sejak dua bulan terakhir ini.

Seperti yang diungkapkan warga Marmoyo, Julaikah (45). Ia mengatakan, untuk mendapatkan air bersih dirinya harus berjalan kaki menuju sungai yang jaraknya sekitar dua sampai tiga kilometer. "Namun, saat ini air terus berkurang sehingga kami harus benar-benar berhemat air bersih," ujarnya.

"Air bersih yang disalurkan kepada kami gratis, dan itu berasal dari anggota Jombang. Sebelumnya kami hanya mengandalkan air sungai untuk kebutuhan mandi dan memasak. Jika air sungai habis, kami terpaksa membeli air jerigen seharga lima ribu rupiah. Sementara saat ini sumber air di Desa kami juga sudah sejak dua bulan tidak mengeluarkan air," imbuh Julaikah.

Sementara itu, Kasdim 0814/Jombang, Mayor Inf Khoiruman mengatakan, bantuan droping air terebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami krisis air bersih. Air tersebut disalurkan di lima Kecamatan yakni, Bareng, Ngusikan, Kudu, Kabuh, Plandaan. Soal mendetail lokasi yang mendapat droping air, akan disesuaikan dengan kemampuan.

"Rencananya droping air ini akan terus dilakukan sampai musim hujan tiba. Supaya warga tidak menggunakan air kubangan atau membeli air bersih yang terbilang mahal. Menurut data dari BPBD setempat terdapat 18 Desa mengalami kekeringan dan tersebar di lima Kecamatan wilayah Jombang," pungkasnya. (jbg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO