Dewan Tagih Rencana Revitalisasi Pasar Tunjungan

SURABAYA (BangsaOnline) - Rencana Pemerintah Kota Surabaya merevitalisasi Pasar Tunjungan, kembali ditagih anggota dewan. Terbaru, anggota Komisi B (perekonomian dan keuangan) DPRD Surabaya, Eddy Rusianto, yang menagih rencana revitalisasi pasar legendaris tersebut.

Eddy Rusianto mengungkapkan, terkait rencana revitalisasi , sebenaranya sudah lama digaungkan oleh pemerintah kota. Sayangnya, dari catatan yang dimiliki anggota dewan, pemkot terkesan setengah hati dalam mewujudkannya.

“Memang kita (komisi B) pernah diajak ngomong soal itu. Tapi untuk kelanjutannya kita kurang tahu,” ujar Eddy Rusianto, Jumat (18/4).
Dia mengingatkan, belajar dari kegagalan revitalisasi sejumlah pasar oleh PD Pasar Surya, dirinya meminta pemerintah kota tidak hanya melibatkan konsultan pembangunan. Lebih dari itu, konsultan perekonomian atau bisnis juga harus dilibatkan.

Sebab dari pantaun komisinya, sepinya sejumlah pasar pasca direvitalisasi lantaran tidak dilibatkannya konsultan bisnis. “Untuk masalah konstruksi itu gampang, karena banyak yang bisa. Tapi penataan di dalamnya itu juga perlu diperhatikan untuk penataan stannya,” ingatnya.

Disinggung apakah belum direalisasikannya revitalisasi Pasar Tunjungan, merupakan indikasi jika pemerintah kota kurang serius, legislator asal Partai Gerindra ini enggan menanggapinya. Namun untuk alokasi anggaran yang ibutuhkan sudah disediakan dalam APBD tahun ini.

“Untuk nominal pastinya saya kurang tahu. Tanya saja ke Badan Anggaran (Banggar) soal itu,” tandasnya.

Terpisah, anggota Komisi C (pembangunan) Reni Astuti mengingatkan, Pemkot Surabaya agar tidak sembarangan merevitalisasi Pasar Tunjungan. Menurutnya, dengan lokasinya yang cukup strategis, jangan sampai potensi luar biasa yang ada tidak bisa dimaksimalkan dengan baik oleh pemerintah kota.

Menurut Reni, jika pemkot serius ingin mengembangkan , seharusnya pemerintah kota telah menyiapkan konsep yang matang. Baik untuk pembuatan Detail Enginering Design (DED), awal pembangunan hingga deadline kapan pasar tersebut tuntas dibangun.

Dia berharap, Pemkot mampu membuat perencaan yang matang. sehingga kawasan tersebut mampu menumbuhkan sektor ekonomi di Surabaya. Karena sudah menjadi rahasia umum, jika letak Pasar Tunjungan sangat dekat dengan pusat perbelanjaan dan jasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO