Pj Bupati Sampang Minta Nakes Serius Tangani Kasus DBD

Pj Bupati Sampang Minta Nakes Serius Tangani Kasus DBD Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto bersama kadinkes saat melakukan sidak di RSUD dr Mohammad Zyn. Foto: Prokopim Pemkab Sampang.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - , Rudi Arifiyanto, turun langsung untuk mengatasi kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang sedang masif di kota bahari.

Ia bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB), Abdulah Najich, melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn, Jum'at (3/5/2024).

Dalam sidaknya, meminta tenaga kesehatan serius menangani lonjakan kasus DBD. Sebab, sepanjang awal tahun 2024 hingga bulan Mei ini terdapat 260 kasus.

"Melonjaknya kasus DBD harus kita beri atensi khusus, yang paling penting proses pencegahannya juga harus disosialisasikan betul ke masyarakat," ujarnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan seperti kepala puskesmas dan camat, utamanya wilayah yang masuk dalam kategori merah kasus DBD.

"Beberapa hari lalu sempat ada kabar ada pasien (DBD) meninggal, tapi nyatanya tidak benar," ungkapnya.

Menurutnya, pencegahan DBD dapat dilakukan dengan mengikuti gerakan 5M, yaitu lima langkah kunci yang efektif dalam pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan sekitar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO