Antusiasme Pendaftar PPK di KPU Surabaya Tinggi, Tembus 525 Orang Sejak 2 Hari Dibuka

Antusiasme Pendaftar PPK di KPU Surabaya Tinggi, Tembus 525 Orang Sejak 2 Hari Dibuka Komisioner KPU Surabaya, Subairi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Surabaya menyatakan, antusiasme masyarakat yang mendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangat tinggi. Pendaftaran PPK dibuka sejak 23 April hingga 5 hari ke depan. 

Calon pendaftar perlu mengunjungi Sistem Informasi Anggota dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Rekrutmen PPK dipersiapkan untuk tahapan pilkada serentak pada November 2024 mendatang.

Komisioner Surabaya, Subairi, mengatakan bahwa hingga Kamis (25/04/2024) pukul 12.00 WIB, pendaftar telah mencapai angka 500 orang, "Hingga pukul 12.00 WIB tadi, sudah ada 525 orang yang sudah mendaftar. Dan masih belum ditutup untuk hari ini pukul 16.00 WIB."

Ia menegaskan, pihaknya tetap mengutamakan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, "Kami juga mengutamakan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dan kami juga membuka kesempatan bagi disabilitas untuk mendaftarkan diri."

Sedangkan untuk syarat pendaftaran, Subairi menyebut diterapkan sesuai P Nomor 8 Tahun 2022, "Jika mengalami kesulitan mendaftar, ada layanan helpdesk dan di sini akan dibantu oleh staf kami."

Dia mengungkapkan, untuk pendaftar PPK kali ini lebih banyak dari pendaftar PPK sebelumnya. Bahkan, diprediksi bahwa jumlah pendaftar tersebut akan terus bertambah, "Antusiasme pendaftar untuk tahun ini jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dalam dua hari saja, sudah ada 500 lebih pendaftar dan diprediksi akan terus bertambah."

Untuk tahap selanjutnya, ada pengumuman hasil penelitian admistrasi dan juga beberapa seleksi, "Ada seleksi tertulis, tanggapan masyarakat, wawancara, pengumuman hasil seleksi hingga penetapan anggota PPK."

Kemudian selanjutnya, akan diambil lima dari jumlah kecamatan yang ada di Surabaya, "Nantinya diambil lima dari 31 kecamatan yang ada di Surabaya." (mar/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO