Khofifah: Tinggal Pilih, di Jatim Ada 1.396 Wisata, ini Destinasi Eksotik Tiap Kabupaten

Khofifah: Tinggal Pilih, di Jatim Ada 1.396 Wisata, ini Destinasi Eksotik Tiap Kabupaten Kawah Ijen. Foto: Open Trip ID

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Menyambut para pemudik di Jawa Timur, terutama untuk momentum Idul Firi 1445 H, Khofifah Indar Parawansa mengajak agar warga Jawa Timur yang pulang dari perantauan memanfaatkan destinasi wisata lokal yang ada di kampung halamannya masing-masing.

Menurut Ketua Umum PP Muslimat itu, destinasi wisata lokal banyak sekali. Bahkan juga sangat eksotik dan mengagumkan.

“Total di Jawa Timur terdapat 1.396 daya tarik wisata. Di antaranya 543 wisata alam, 531 wisata buatan, dan 322 wisata budaya. Dan semuanya tersebar di kabupaten kota kampung halaman panjenengan semua. Jadi monggo, silakan dieksplor,” ujar Khofifah Indar Parawansa dalam rilis yang dikirim ke BANGSAONLINE, Jumat (12/4/2024).

Menurut dia, setiap kabupaten/kota di Jawa Timur memiliki keunggulan dan destinasi favorit. Sehingga masyarakat tak perlu repot-repot pergi keluar daerah untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Melainkan cukup eksplor destinasi wisata ‘hidden gem’ terdekat.

Mana saja dan di mana saja? Khofifah merinci sejumlah destinasi wisata di kabupaten kota di Jatim.

“Di Banyuwangi, destinasi wisata unggulannya seperti , Banyuwangi Park, Bangsring Underwater, Taman Gandrung Terakota, De Djawatan, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo, Pulau Tabuhan, Pantai Sukamade, juga Taman Nasional Baluran,” tutur mantan Menteri Sosial RI itu.

Di Kabupaten Bondowoso, tutur Khofifah, juga tak kalah menarik. “Ada Kawah Wurung, , Air Terjun Blawan, Bukit Mahadewa, Bukit Jabal Kirmit, Batu Susun Solar, Taman Galuh, Taman Bunga Villa Afdeling, Tasnan Forest, dan juga Bosamba Rafting,” ungkapnya.

“Di Bojonegoro ada wisata Kayangan Api, Negeri di Atas Awan, Air Tejun Kedung Maur, Agrowisata Belimbing, Wisata Sumber Mahadewi, Putu Kreweng, Go Fun Theme Park, Taman Pinggir Gowan, serta Waduk Pakal dan Gongseng. Destinasi tersebut sangat menarik terutama jika dinikmati dengan orang-orang tersayang,” tambah Khofifah.

Lalu wisata unggulan Kabupaten Lamongan. “Seperti Pantai Kutang, Wisata Bahari Lamongan, Maharani Zoo, Telaga Sedang, Museum Drajat, Wadung Gondang, juga Pantai Tanjung Kodok,” tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO