AHWA Dihapus, Gus Mus Akui Panitia Muktamar NU Kecewakan Muktamirin

AHWA Dihapus, Gus Mus Akui Panitia Muktamar NU Kecewakan Muktamirin Gus Mus didampingi pimpinan sidang saat mengeluarkan fatwa pemilihan Rais Aam akan ditentukan secara musyawarah mufakat oleh Rais Suriah se-Indonesia. (foto: merdeka)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pro-konta AHWA dalam sidang pleno I yang membahas Tata Tertib (tatib) akhirnya berakhir setelah Gus Mus menyatakan bahwa pemilihan Rais Am dilakukan sesuai AD/ART. Padahal semula, para pendukung Gus Mus berusaha memaksakan AHWA lewat berbagai cara. Panitia Muktamar NU ke-33 yang dipimpin Selamet Effendi Yusuf (SC), Imam Aziz (OC) dan Saifullah Yusuf (Ketua Panitia Daerah) disebut-sebut tak netral dan memihak AHWA.

Sedemikian memihaknya sampai AHWA dijadikan syarat menjadi peserta Muktamar. PWNU dan PCNU yang ditengarai menolak AHWA tak diberi ID card resmi, tapi ID card kosongan. Sedang PCNU dan PWNU yang ditengarai mendukung Ahwa langsung dapat ID card resmi. 

”Kami jauh-jauh datang ke Muktamar NU malah registrasi dipersulit,” kata Rais Syuriah PWNU Nusa Tenggara Timur (NTT) KH Abdul Kadir Makarim. (Baca juga: -kisruh" style="background-color: initial;">Panitia Arogan, Proses Registrasi Awal Peserta Muktamar NU Kisruh)

“Mereka (Panitia) itu dzalim,” sahut peserta Muktamar NU yang lain.

Perlakuan tak terpuji Panitia Muktamar ini tentu saja menyulut kemarahan PWNU dan PCNU yang rata-rata kiai dari berbagai daerah. Bahkan banyak yang mengecam panitia Muktamar. ”Ini benar-benar Muktamar yang menyiksa para kiai,” kata seorang Ketua PCNU.

Yang menarik, dalam pidatonya, Gus Mus mengakui bahwa perlakuan Panitia Muktamar NU ke-33 mengecewakan para muktamirin. Padahal peserta Muktamar itu banyak yang terdiri dari kiai-kiai sepuh. “Saya mohon maaf kepada semua muktamirin terutama yang dari jauh dan tua-tua, teknis panitia yang mengecewakan anda,” katanya. (Baca juga: "Muktamar Jombang, Muktamar Terburuk Sepanjang Sejarah")

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO