DLH Bangkalan: Produksi Sampah Capai 36 Ribu Ton pada 2023

DLH Bangkalan: Produksi Sampah Capai 36 Ribu Ton pada 2023 Salah satu tumpukan sampah di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sampah di masih membeludak. Sepanjang 2023, tercatat ada 36 ribu ton sampah yang dihasilkan masyarakat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Anang Yulianto mengatakan bahwa produksi sampah tahun lalu meningkat drastis. Namun, ia tidak menyebut secara rinci total angka produksi sampah pada 2022.

"Dibanding tahun 2022, di tahun ini (2023) sangat drastis. Untuk datanya saya tidak ingat, pokoknya lebih banyak 2023 hingga capai 36 ribu ton," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (11/1/2024).

Disebutkan, produksi sampah di meroket lantaran bertambahnya penduduk sehingga kebutuhan konsumsi dalam kehidupan sehari-harinya meningkat hingga menghasilkan tumpukan sampah.

"Penyumbang sampah terbanyak yakni dari sampah rumah tangga, bisa capai 70 ton dan bisa lebih per harinya. Kalau dari pasar paling cuma 30 ton per harinya," paparnya.

Anang mengungkapkan, pihaknya berencana menambah tempat pembuangan sampah (TPS) dan akan memaksimalkan rumah daur ulang (RDU) yang ada guna mengatasi penumpukan sampah di .

"Untuk sekarang, kita punya 7 TPS dan 1 tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Ombul. Rencananya TPS bertambah 1 di Arosbaya dan residu akan kita maksimalkan untuk sedikit mengurangi sampah," pungkasnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO