Angka Kelahiran Sapi di Jawa Timur Tertinggi Nasional, Gubernur Khofifah Tekankan 2 Hal ini

Angka Kelahiran Sapi di Jawa Timur Tertinggi Nasional, Gubernur Khofifah Tekankan 2 Hal ini Gubernur Khofifah saat meninjau peternakan sapi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur menjadi provinsi dengan angka kelahiran sapi tertinggi di Indonesia pada 2023. Berdasarkan data https://isikhnas.com per 31 Desember 2023, angka kelahiran sapi saat itu mencapai 1,2 juta ekor, yang mana berkontribusi sebesar 52 persen terhadap nasional.

Selain itu, selisih antara Jawa Timur dengan peringkat kedua, Jawa Tengah terpaut sangat jauh. Angka kelahiran sapi di Jawa Tengah pada 2023 sebanyak 320 ribu ekor, lalu diikuti Lampung sebesar 199 ribu ekor, Nusa Tenggara Barat 154 ribu ekor, dan Sumatera Utara sebanyak 118 ribu ekor.

Atas capaian ini, Gubernur menyatakan angka kelahiran sapi yang tinggi ini akan memperkuat sekaligus mempertahankan status Jatim sebagai Gudang Ternak Nasional. Sehingga, akan bisa mendukung target swasembada daging di Indonesia.

“Terima kasih atas peran penting para pembudidaya sapi, terutama untuk para peternak dan petugas lapang (dokter hewan, paramedik veteriner inseminasi buatan dan pengawas mutu bibit) yang telah melakukan budidaya sapi dengan pengunaan berbagai inovasi teknologi sehingga Jatim bisa mempertahankan predikatnya sebagai Gudang Ternak Nasional,” ujarnya, Minggu (7/1/2024).

"Berdasarkan data BPS RI tahun 2023, jumlah populasi tahun 2023 untuk Sapi Potong di Jatim mencapai 5,07 juta ekor, dan Sapi Perah sebanyak 314.385 ekor. Dan angka ini merupakan terbanyak nasional. Dengan jumlah kelahiran Sapi terbanyak, kita berharap akan meningkatkan jumlah produksi sapi di Jatim. Ini penting untuk mewujudkan swasembada daging nasional," imbuhnya.

menambahkan, memang gencar mengembangkan beragam inovasi untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas budidaya sapi. Salah satunya ialah dengan teknologi artificial insemination dan embrio tranfer yang dikomandani oleh Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO