Cak Imin Minta 2 Panelis dari Unhan di Debat Ketiga Diganti, ini Respon KPU

Cak Imin Minta 2 Panelis dari Unhan di Debat Ketiga Diganti, ini Respon KPU Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Foto: Kompas.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum () telah memastikan bahwa kesebelas panelis yang telah dipilih untuk menyusun pertanyaan dalam debat ketiga calon presiden memiliki integritas. 

Hal ini merespons permintaan dari salah satu calon wakil presiden, Muhaimin Iskandar, yang meminta agar dua panelis dari (Unhan) diganti. 

Alasannya adalah karena Unhan terafiliasi dengan Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, capres nomor urut 2.

"Panelis bisa berasal dari berbagai macam sumber atau kelembagaan. Tapi kami meyakini bahwa beliau ini punya kapasitas, punya integritas akademik yang dijaga atau dipertahankan," kata Ketua Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor , Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Ketua , Hasyim Asy'ari, menyatakan bahwa panelis dipilih berdasarkan kapasitas dan integritas akademik yang mereka miliki. 

Nama-nama panelis ini telah disepakati dalam rapat antara , pasangan calon, dan media penyelenggara. 

Ada 18 pertanyaan yang akan disampaikan dalam debat capres dengan mekanisme undi secara bertingkat dalam debat capres.

"Jadi kita meyakini semuanya punya integritas lah para panelis itu. Toh nanti apapun yang ditulis panelis itu ada 18 pertanyaan, dan sudah pasti juga tidak semua pertanyaan akan diperoleh karena memperolehnya melalui mekanisme undi yang kita sama-sama tahu dilakukan secara transparan," jelas Hasyim.

Anggota RI, August Mellaz, menambahkan bahwa panelis tersebut telah dikonfirmasi berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan latar belakang yang sesuai dengan tema debat.

Mereka juga telah menandatangani pakta integritas serta menyatakan bahwa mereka bukan bagian dari tim kampanye atau pelaksana kampanye.

"Ada pertanyaan ke beliau-beliau semua apakah setiap panelis ini bukan menjadi bagian dari tim kampanye atau pelaksana kampanye. Jadi sudah clear di situ," jelasnya.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar meminta agar panelis dari Unhan diganti karena keterkaitannya dengan Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo. 

“Terus terang saya protes karena itu mengganggu obyektifitas, karena apa pun Unhan di bawah Pak Prabowo, Menhan (Menteri Pertahanan),” kata Cak Imin saat ditemui di Kabupaten Garut, Kamis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO