Di Bawah Guyuran Hujan, Bupati Kediri Tinjau Aliran Sungai di Kunjang

Di Bawah Guyuran Hujan, Bupati Kediri Tinjau Aliran Sungai di Kunjang Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat mengecek aliran sungai. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, melakukan pengecekan langsung aliran sungai di Dusun Bungkul, Desa Kapas, Kecamatan Kunjang, yang mengalami pendangkalan.

Pengecekan dilakukan pimpinan daerah yang akrab disapa itu usai mendapat aduan warga ketika pembagian sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Kecamatan Kunjang, Rabu (3/1/2024). Di bawah guyuran hujan, bupati menyusuri sungai yang mengalami pendangkalan dan rawan meluap ke lahan persawahan warga.

"Kalau air masuk ke lahan pertanian warga akhirnya pertaniannya rusak, supaya tidak terjadi gagal panen maka kita lakukan normalisasi," kata .

Ia pun meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Rakyat (PUPR) Kabupaten untuk segera melakukan pengecekan dan menindaklanjuti rencana normalisasi. Dari penyusuran yang dilakukan bupati, sepanjang bantaran sungai dipenuhi tanaman-tanaman liar, begitu pula dengan kondisi di bawah jembatan, banyak menumpuk puing-puing yang terbawa arus.

"Saya mengimbau warga Desa Kapas untuk kerja bakti," pesan orang nomor satu di Kabupaten itu.

Dalam agenda tersebut, Samad, warga Dusun Bungkul, Desa Kapas, yang melaporkan kondisi sungai kepada bupati ikut serta mendampingi dalam pengecekan. Mewakili warga yang mayoritas bekerja sebagai petani, ia mengapresiasi respons cepat yang dilakukan karena rela turun ke lapangan meski dalam kondisi hujan.

"Sangat senang, karena langsung ditanggapi mas bupati. Harapannya airnya tidak meluber ke lahan pertanian," ucapnya.

Ia mengakui, ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi air meluap ke lahan warga terutama yang lokasinya paling dekat dengan sungai. Bahkan, karena luapan itu pernah sampai terjadi gagal panen.

"Mudah-mudahan cepat dinormalisasi," pungkasnya.

Sementara itu, acara penyerahan sertifikat program PTSL sendiri di Kantor Kecamatan Kunjang, sertifikat diberikan kepada warga Desa Juwet dan Kapas. Dalam acara itu, berpesan supaya warga menyimpan baik-baik sertifikat yang dimiliki. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO