Benarkah Malaikat Berikan Pendampingan di Dunia, Tafsir Al-Quran Aktual HARIAN BANGSA

Benarkah Malaikat Berikan Pendampingan di Dunia, Tafsir Al-Quran Aktual HARIAN BANGSA Dr KH Ahmad Musta'in Syafi'i. Foto: NOJ

Oleh: Dr KH Ahmad Musta'in Syafi'i

Rubrik ini diasuh oleh pakar tafsir Dr KH A. Musta'in Syafi'i, Mudir Madrasatul Qur'an Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Kiai Musta'in selain dikenal sebagai mufassir juga Ulama Hafidz (hafal al-Quran 30 juz). Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca HARIAN BANGSA, surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Kali ini Kiai Musta’in menafsiri Surat Al-Abiya: 28-29. Selamat mengikuti.

AL-ANBIYA :28-29

TAFSIR

Pada ayat sebelumnya ditutur soal yang mulia, santun dan selalu patuh. Tidak mendahului instruksi, apalagi rewel dan bantah. Lalu, ayat kaji ini melanjutkan keterangan tentang sifat atau kondisi sisi lain, antara lain :

Pertama, Tuhan selalu mengawasi kerja mereka, “Ya’lam ma bain aidihim wa ma khalfahum”. Jadi, setiap gerak dan perbuatan kita itu diawasi secara ketat, pengawasan berlapis. Ya diawasi , ya diawasi Tuhan. Malaikat mengawasi, mencatat setiap amal perbuatan kita, sementara kerja sendiri diawasi oleh Tuhan.

Kedua, adalah termasuk makhluq yang diberi wewenang memberi syafaat. “Wa la yasyfa’un illa liman irtadla”. Itu pendapat para pakar tafsir senior tempo dulu, seperti Ibn Abbas, Mujahid dan lain-lain.

Jadi, kelak di akhirat nanti ada beberapa orang shalih yang diberi wewenang memberi syafaat, pertolongan kepada sesama manusia yang mereka kehendaki. Seperti para shahabat mulia, para ahli al-Qur’an yang diberi jatah memberi syafaat kepada sepuluh keluarganya, para syuhada’ dan lain-lain. Beberapa Hadits shahih menyatakan demikian.

Ini bukan hal baru dan sama sekali tidak mengejutkan, karena di dunia saja, para sudah biasa melakukan pendampingan terhadap manusia yang dikehendaki.

Semisal pada tragedi perang Badar, mereka turun ribuan personel dan membantu umat Islam melawan para kafir sehingga menang total. Di Palestina sekarang, kisah menakjubkan sering diunggah. Seperti adanya tentara putih-putih yang aneh. Makanya, ribuan tentara Israel tidak mau lagi berperang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sensasi Naik Kapal Cepat ke Pulau Sabang, Perjalanan Jurnalistik CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO