Peringati Hari Bakti ke-78, PUTR Gresik Ikut Tanam 2,2 Juta Pohon

Peringati Hari Bakti ke-78, PUTR Gresik Ikut Tanam 2,2 Juta Pohon Sekdakab Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, didampingi Kepala DPUTR Gresik, Dhiannita Tri Astuti, dalam aksi tanam pohon memperingati Hari Bakti ke-78 PUPR. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) ikut menanam 2,2 juta pohon di sekitar Waduk Bunder, Selasa (5/12/2023). Kegiatan yang dipimpin Sekdakab , Achmad Washil Miftahul Rachman, dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-78 tahun ini.

Sebelumnya, DPUTR menggelar apel siaga banjir yang diikuti jajaran pejabat dan ASN serta undangan. Peringatan Hari Bakti PUPR tahun ini mengusung tema 'Sigap Membangun Negeri'.

Sekda mengatakan, tanam 2,2 juta pohon sebagai upaya mewujudkan baru yang lebih mandiri, sejahtera berdaya saing dan berlandaskan akhlakul karimah. Pemkab melalui Nawa Karsa yang salah satunya diamanahkan kepada DPUTR adalah, Mapan.

" Mapan menargetkan, bebas banjir, berketahanan pangan dan transportasi terpadu," kata Achmad.

Untuk mewujudkan bebas banjir, lanjut Achmad, Pemkab telah melakukan beberapa proyek prioritas berupa, normalisasi kali lamong dari hulu hingga hilir dimulai pada 2021-2023, serta anak kali lamong sepanjang 122,56 km.

Selain itu, rencana pembangunan kolam retensi di Desa Tambakberas, Kecamatan Cerme dengan luas 9 hektare serta beberapa lokasi lainnya yang akan di bangun pada tahun 2024.

"Tanam pohon ini bertujuan selain untuk bangunan pengendali banjir, juga direncanakan sebagai fungsi menampung suplai air yang berlimpah untuk irigasi pengairan sawah pertanian saat kemarau dalam mendukung ketahanan pangan," urai Achmad.

Lebih jauh sekda menyampaikan, Pemkab juga melakukan kegiatan rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi secara rutin dan berkala di hampir semua kecamatan sejak tahun 2021 hingga 2023.
"Rehabilitasi jaringan irigasi dengan total panjang 5.357 meter. Pemeliharaan rutin dan berkala dengan panjang 36 km dengan total luas layanan 4.506 hektare," ucapnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO