Hari AIDS, Hasil Skrining HIV di Kota Batu, 67 Orang Dinyatakan Positif

Hari AIDS, Hasil Skrining HIV di Kota Batu, 67 Orang Dinyatakan Positif Dr. Suzana Indahwati, Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, Penanggulangan Bencana, Dinkes Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari AIDS se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2023, Dinas Kesehatan merilis jumlah pengidap HIV di .

Berdasarkan hasil skrining HIV kepada 5.315 orang, tercatat ada 67 orang yang dinyatakan positif, di antaranya 1 orang ibu hamil (bumil). Sedangkan orang dengan HIV (ODHIV) dalam pengobatan sebanyak 158 orang.

"Hingga saat ini, total jumlah orang dengan HIV atau ODHIV di sebanyak 324 orang," ujar dr. Suzana Indahwati, Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, Penanggulangan Bencana Dinkes , Jumat (1/12/23).

Ia mengungkap faktor risiko HIV banyak diakibatkan hubungan seksual yang tidak aman, berbagi jarum suntik dan alat-alat penusuk, transfusi darah yang tidak aman, transmisi dari ibu ke anak, tindakan medis yang tidak aman, kelompok berisiko tinggi, dan kurangnya pengetahuan tentang HIV.

"Kami sudah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian HIV di dengan cara memberikan edukasi, mengurangi stigma dan diskriminasi, melalui penyuluhan di sekolah, masyarakat, dan di layanan kesehatan, serta meningkatkan arus informasi HIV secara digital melalui sosmed dan pemberitaan di media massa," jelas Suzana.

Selain upaya tersebut, dinkes juga telah meningkatkan kesadaran masyarakat melalui acara-acara terkait HIV. Misalnya, gebyar hari AIDS sedunia, melalui pengadaan kondom, reagen pemeriksaan HIV, penstandaran SOP penggunaan peralatan medis invasif yang steril untuk layanan kesehatan. Sedangkan upaya kuratif dengan memperbanyak layanan pengobatan HIV di .

"Saat ini sudah lima puskesmas dan empat rumah sakit, dan pengadaan alat pemeriksaan viral load HIV untuk mengevaluasi efektivitas pengobatan," terangnya.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO