Membanggakan, Siswa SMAN Pronojiwo Juara Umum ke-5 Lomba Sains Nasional

Membanggakan, Siswa SMAN Pronojiwo Juara Umum ke-5 Lomba Sains Nasional Kepala SMAN Pronojiwo Ade Wartono saat menyerahkan trofi secara simbolis kepada Gilang, Senin (27/11/23).

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Gilang Gaffa Radeszfa Leonel J, siswa kelas X-1 , , berhasil meraih juara umum ke-5 di ajang Liga Sains Nasional (LSN) untuk mata pelajaran bahasa inggris dan biologi.

Atas prestasinya itu, Gilang berhak atas hadiah dana pembinaan sebesar Rp15 juta, laptop, dan rekreasi ke Lombok dan Bali.

"Alhamdulillah, siswa kami, Gilang berhasil meraih juara umum kelima liga sains nasional. Ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan sekolah," ujar Ade Wartono, Kepala kepada BANGSAONLINE.com, Senin (27/11/23).

Mantan guru biologi SMA Negeri 2 Batu tersebut mengatakan prestasi ini luar biasa karena materi yang dilombakan ada 6 mata pelajaran, yakni matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa inggris, dan geografi.

Lomba ini dilaksanakan melalui tahapan penjaringan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Setelah dinyatakan lolos mewakili Provinsi Jawa Timur, Gilang selanjutnya diikutsertakan dalam lomba yang sama di tingkat nasional.

"Teknik lombanya berupa tes tulis dan lisan. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi pencapaian prestasi yang sangat membanggakan ini, terlebih ini letaknya paling ujung barat dari Kota dan termasuk sekolah pinggiran yang kerap kali ditimpa musibah erupsi dari Gunung Semeru. Tapi nyatanya bisa sangat berprestasi dan bisa mengalahkan siswa-siswa dari sekolah unggulan se-Jawa Timur," terang Ade Wartono.

Sementara itu, Gilang mengaku tidak menyangka bisa berhasil lolos hingga ke tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Timur. Sebab, saingannya cukup berat dari berbagai sekolah favorit di Jatim.

"Perjuangan saya mengikuti lomba ini cukup berat. Diawali bulan Juli hingga September di lomba sains tingkat provinsi hingga berlanjut pada bulan November ini. Saya bersyukur perjuangan saya tidak sia-sia," tuturnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO