KPU dan Bawaslu di Sumenep Kembali Peringatkan Parpol soal ini

KPU dan Bawaslu di Sumenep Kembali Peringatkan Parpol soal ini Komisioner KPU Sumenep, Mustafid.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com dan di kembali memperingatkan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 terkait alat peraga yang diterbitkan. Alhasil, para penyelenggara pesta demokrasi itu sepakat untuk menertibkan APS (alat peraga sosialisasi) menyerupai APK (alat peraga kampanye).

“Pada kesempatan itu atau dalam tahap tersebut (masa kampanye, 28 November 2023), peserta Pemilu hanya dibolehkan menyampaikan pesan-pesan partai, dan tidak diizinkan menyampaikan 4 kriteria kampanye seperti visi, misi, program kerja, dan citra diri," kata Komisioner , Mustafid, Kamis (16/11/2023).

Menurut penelusuran di lapangan, ia mengatakan bahwa APS berupa baliho atau banner sudah bertebaran di sejumlah titik jalan lengkap dengan gambar calon dan partai. Bahkan, nomor urut dan baliho itu umumnya bukan APS, melainkan APK. 

Ia menyatakan, pihaknya telah duduk bersama dengan serta Satpol PP menyikapi APS atau APK dan bahan kampanye yang dipasang, baik Parpol maupun calon legislatif. Perwakilan Parpol juga dilibatkan untuk menyamakan persepsi soal alat peraga kampanye.

" bersama dan Satpol PP bersepakat untuk menertibkan, sebab selain melanggar ketentuan aturan Pemilu juga peraturan daerah. Tidak sedikit, baliho atau banner itu dipasang dengan melintangi jalan dan dipaku pada pohon," ujarnya.

Mustafid juga menegaskan, penindakan hanya dilakukan dan satpol pp, bukan kewenangan . Sedangkan anggota , Moh Rusydi Zain, menyatakan telah mengirim surat kepada Parpol peserta Pemilu agar menertibkan sendiri APK hingga batas waktu yang ditentukan, dan jika tidak akan diturunkan secara paksa.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan tidak boleh ada aktivitas kampanye apapun oleh peserta Pemilu termasuk memasang APK sebelum masuk masa kampanye. Saat ini, , telah menginventarisir semua baliho atau banner yang memenuhi unsur kampanye.

“Jika tidak ada upaya kooperatif dari peserta pemilu, maka nanti akan ditertibkan,” ucap Rusydi. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO