Lahan Kilang Minyak Tuban Terbakar, Tim Damkar Gabungan Turun Tangan

Lahan Kilang Minyak Tuban Terbakar, Tim Damkar Gabungan Turun Tangan Tim damkar gabungan yang melakukan pemadaman api di kilang minyak di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebuah lahan kilang minyak di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, yang belum tergarap dan saat ini terlihat semak belukar dan pepohonan, mengalami kebakaran hebat, Senin (4/9/2023).

Kobaran api tersebut, diketahui sejak pukul 12.30 WIB hingga malam hari tak kunjung padam.

Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji menyatakan, informasi yang diterima kebakaran terjadi pada siang hari pukul 12.30 WIB.

Api terlihat membakar semak-semak, pepohonan hingga bongkahan kayu bekas tebangan yang tergeletak.

Kobaran api pun cepat membesar lantaran tiupan angin yang sangat kencang, sehingga membuat petugas pemadam super extra menangani si jago merah itu.

"Karena angin kencang dan semak belukar serta kayu juga kering sehingga api cepat merembet ke mana-mana dan membesar," tutur mantan Camat Bancar itu.

Ia menambahkan, guna mengatasi kebakaran di lahan milik kilang minyak ini telah menerjunkan seluruh personil dan 6 armada.

Karena kebakaran lahan yang sangat luas dan dimungkinkan hingga 30 hektar, sehingga Satpol PP dan meminta bantuan kepada pihak terkait yang memiliki tenaga personil dan mobil pemadam.

Di antaranya, mulai PT UP Tanjung Awar Awar., TPPI, Pemdes Socorejo, PT Solusi Bangun Indonesia (SBI), BPBD, Forkompimka dan Relawan Damkar.

"Karena lahan yang terbakar luas, sehingga kami juga memanggil perusahaan dan stakeholder terdekat yang memiliki personil serta mobil damkar agar ikut merapat untuk memadamkan api," beber Taji sapaan akrabnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO