KPK Periksa Cak Imin Besok, Politisi PKB Disinyalir Tersangka

KPK Periksa Cak Imin Besok, Politisi PKB Disinyalir Tersangka A Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto: Kompas

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Baru empat hari deklarasi sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon Presiden Anis Baswedan, A Muhaimin Iskandar (Cak Imin), harus menghadapi pemeriksaan Komisi Pemberantasan (). Komisi anti rusuah itu akan memeriksa Cak Imin Selasa (5/9/2023) besok.

"Kami berharap siapapun yang dipanggil penyidik , kooperatif hadir sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh tim untuk hadir di Gedung Merah Putih ," kata Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri di Gedung Merah Putih , Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/9).

Dikutip jawapos.com, minta Cak Imin kooperatif menjalani panggilan pemeriksaan. Cak Imin akan diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada 2012. Cak Imin akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

belum mengumumkan status pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Tapi, menurut Ali, keterangan Cak Imin penting untuk menambah alat bukti dugaan korupsi di Kemnaker.

Disinyalir salah satu tersangka dalam kasus ini merupakan politikus PKB Reyna Usman, yang saat itu menjabat sebagai Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kemnaker.

Selain Reyna, juga diduga turut menjerat Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) I Nyoman Darmanta, dan Karunia selaku pihak swasta. Ketiga tersangka dalam kasus ini belum dilakukan upaya penahanan.

"Dalam sistem penegakan hukum di , sudah ada tersangkanya. Berbeda di penagak hukum lain, barangkali dalam proses penyidikan belum tentu ada tersangkanya, di aturan normatifnya proses penyidikan sudah ada tersangkanya," ucap Ali.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO