Profil Declan Rice, Rekrutan Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2023

Profil Declan Rice, Rekrutan Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2023 Declan Rice saat menjalani sesi latihan bersama Arsenal. Foto: Instagram arsenal.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Arsenal akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangan Declan Rice dari West Ham United.

Biaya sebesar 116,6 juta euro atau setara Rp2 triliun sudah digelontorkan The Gunners untuk merekrut Rice.

Pemain 24 tahun itu juga akan mendapatkan kontrak jangka panjang dari tim berlogo meriam dengan durasi lima tahun.

Artinya, Rice akan menetap di di Emirates Stadium hingga 30 Juni 2028.

Nominal tersebut membuat Declan Rice kini menjadi pemain termahal Arsenal sepanjang sejarah. Selain itu, ia menjadi pemain paling mahal di bursa transfer musim panas 2023.

Kedatangan Rice pun disambut dengan baik oleh para pendukung Arsenal.

Pembelian gelandang bertinggi 1,88 meter ini sendiri seolah menunjukkan komitmen untuk bisa kembali memenangkan trofi Liga Inggris. Arsenal terakhir kali juara Premier League pada 2003/2004 saat mereka tak tersentuh kekalahan satu musim.

Di musim lalu, tim yang berdiri pada 1886 telah mendatangkan Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Jesus. Kedua pemain tersebut seakan menjadi suntikan tersendiri dengan memuncaki klasemen Liga Inggris hingga mendekati paruh akhir. Namun sayang, Manchester City bisa tampil lebih solid dan keluar sebagai pemenang di klasemen akhir.

Lalu, sebenarnya siapa Declan Rice yang sampai membuat Arsenal kepincut?

Declan Rice merupakan seorang pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Lahir di Kingston upon Thames, London Raya pada 14 Januari 1999, musim lalu ia bermain bersama West Ham United sebelum dibeli Arsenal.

Pemain yang sudah mengantongi 43 caps bersama Timnas Inggris ini memiliki kakek-nenek Irlandia dari pihak ayah dan sebelumnya mewakili Republik Irlandia pada laga internasional di tingkat pemuda dan senior, sebelum beralih kesetiaan ke Three Lions pada 2019.

Saat berumur tujuh tahun, Rice bergabung dengan akademi Chelsea pada 2006. Kemudian pada 2014, ia bermain bersama akademi West Ham di usia 14 tahun.

Karier Klub

Setelah bergabung dengan West Ham United Junior, Rice menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub senior pada 16 Desember 2015.

Rice kemudian menerima panggilan pertamanya untuk laga kontra Sunderland dan Everton di Premier League pada April 2017.

Debut pertama di Liga Utama Inggris terjadi pada 19 Agustus 2017 saat takluk 3-2 di Southampton.

Pada April 2018, pemain yang kini mengenakan nomor punggung 41 di Arsenal dinobatkan sebagai runner-up untuk penghargaan Hammer of the Year 2017-2018 setelah Marko Arnautovic.

Gol pertama dan satu-satunya di ajang Liga Premier musim 2020-2021 ia torehkan pada 17 Juli 2020. Saat itu ia menyumbang satu gol saat West Ham mengalahkan Watford dengan skor 3-1.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO