Kawal Isu Aksesibilitas Pemilu 2024, Fungsionaris PPUAD Audiensi ke KPU Jatim

Kawal Isu Aksesibilitas Pemilu 2024, Fungsionaris PPUAD Audiensi ke KPU Jatim Fungsionaris PPUAD saat audiensi ke KPU Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas Daerah (PPUAD) beraudiensi ke Kantor Jatim, Senin (28/8/2023). Mereka bermaksud menyuarakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Ketua PPUAD Jawa Timur, Abdullah Fikri, mengaku prihatin atas minimnya perhatian dan kurangnya fasilitas yang sering diberikan kepada penyandang disabilitas di TPS.

"Saya sering melihat bahwa di sejumlah TPS, penyandang disabilitas cenderung diabaikan dan hak mereka untuk memilih terabaikan. Situasi ini perlu diubah, karena hak partisipasi mereka tidak boleh dilanggar," kata Joko Widodo selaku anggota bidang pendidikan dan politik

Dengan adanya kerja sama antara PPUAD dan Jatim, diharapkan anggota PPUAD dapat turut serta aktif pada tahap sosialisasi di TPS. Dengan demikian, para disabilitas tetap dapat serta mendapat fasilitas dalam proses pemilihan.

Sementara itu, Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyambut baik partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pesta demokrasi. Pihaknya juga telah beberapa kali melibatkan para penyandang disabilitas dalam upaya sosialisasi di berbagai wilayah dengan harapan keberadaan PPUAD di Jawa Timur akan semakin memperdalam keterlibatan tersebut dalam proses sosialisasi di masa depan.

"Gagasan bahwa disabilitas adalah penyakit adalah salah besar. Kami memegang prinsip ini dan berkomitmen untuk memastikan bahwa hak-hak para penyandang disabilitas tetap dihormati," ujarnya.

Ia menyebut, prioritas tidak hanya diberikan pada penyandang disabilitas sejak lahir, melainkan juga pada mereka yang mungkin mengalami disabilitas akibat kecelakaan atau penyakit. Jika ada masalah aksesibilitas di TPS, pihak menegaskan pentingnya pengumpulan data agar dapat segera mengambil tindakan.

"Ketika menghadapi kendala terkait pemilu, harap segera menghubungi . Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan menangani masalah tersebut sesegera mungkin," pungkasnya. (mdr/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO