Maksimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Pemkot Kediri Kembangkan Aplikasi Pengecekan BPJS

Maksimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Pemkot Kediri Kembangkan Aplikasi Pengecekan BPJS Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit (tengah) saat memimpin rapat. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kota Kediri mengembangkan aplikasi pengecekan kepesertaan dan layanan faskes BPJS Kesehatan.

Sebagai langkah awal, melakukan rakor membahas sinkronisasi data peserta dengan BPJS Kesehatan Cabang Kediri bertempat di Ruang Sekartaji Balai Kota Kediri, Rabu (23/8/2023).

Rakor itu merupakan tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya yang digelar pada 7 Agustus 2023.

Sekretaris Daerah Kota Kediri menjelaskan aplikasi tersebut berfungsi sebagai alat pengecekan status kepesertaan warga dalam program . Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah mengakses seluruh layanan kesehatan dari pemerintah.

Menurut , dikembangkannya aplikasi tersebut juga merupakan tindak lanjut arahan dari KemenPAN-RB agar pemda membuat website berbasis layanan.

"Jadi setiap pemerintah daerah diharapkan membuat website berbasis layanan-layanan. Salah satunya layanan kesehatan, di mana masyarakat dapat mengakses riwayat pelayanan kesehatan yang diterima sejak dari lahir," ujarnya.

Dalam pengembangan aplikasi, Bagus mengungkapkan ditemukannya anomali atau keanehan data peserta . Antara lain adanya data ganda berdasarkan NIK dan nama, data tanggal lahir dan NIK tidak sama, data peserta dari luar kota, dan data NIK kosong.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO