Ketua TP PKK Kota Kediri Edukasi Ibu Hamil Berisiko dan Balita Gizi Kurang

Ketua TP PKK Kota Kediri Edukasi Ibu Hamil Berisiko dan Balita Gizi Kurang Ketua TP PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar, saat berbincang dengan ibu hamil berisiko. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK , , kembali mengunjugi ibu hamil berisiko dalam rangka mencegah stunting di Kota Tahu. , sapaan akrab Istri Wali itu, mengunjungi 5 kediaman para ibu hamil yang memiliki risiko, sekaligus balita-balita yang memiliki gizi kurang.

Mereka berada di Kelurahan Tamanan, Bandar Kidul, Campurejo, Banjarmlati, dan Lirboyo. Di , kata , cukup banyak kasus gizi kurang sehingga perlu dilakukan edukasi tentang pola makan di rumah untuk para orang tua. 

Pasalnya, pola makan yang salah tidak bisa diselesaikan hanya dengan bantuan pemberian makanan tambahan, namun harus diubah dari pola makan keluarga. Untuk dinas kesehatan, Ketua TP PKK itu meminta agar orientasi pemberian makanan bayi dan anak (PMBA) digalakkan kembali. 

Hal tersebut dilakukan agar para ibu yang belum tahu edukasi terkait bisa mengetahuinya. Memang, lanjut , tugas orang tua yang memiliki balita harus fokus terhadap apa pun yang masuk dalam perut si anak, karena hal itu yang menjadi kunci tumbuh kembang anak.

"Pemberian makan itu 3 kali sehari, diberi kudapan 2 kali, selain itu waktu tidur dan main anak juga harus cukup," ucapnya.

juga berpesan kepada para ibu hamil untuk rajin periksa kehamilannya ke fasilitas kesehatan terdekat secara rutin. Agar bisa terdeteksi jika terjadi hal-hal yang berisiko, dengan harapan ibu-ibu dapat melahirkan dengan selamat dan bayinya pun sehat. Selain itu, harus menjalin komunikasi yang baik dengan bidan wilayahnya dan puskesmas terdekat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO