Pawai Sedekah Laut, Gus Ipul Ajak Warga Ikut Jaga Kelestarian Laut

Pawai Sedekah Laut, Gus Ipul Ajak Warga Ikut Jaga Kelestarian Laut Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat melepas peserta sedekah laut.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat pesisir utara , , masih melestarikan tradisi sedekah laut. Tradisi ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil laut yang melimpah berupa hasil tangkapan ikan.

Tradisi sedekah laut merupakan salah satu kegiatan turun menurun warga pesisir utara Ngeplakrejo. Ratusan warga berbondong-bondong mengikuti sedekah laut yang dipusatkan di Pelabuhan , Minggu (30/7/2023).

Peserta sedekah laut itu dilepas langsung oleh Wali dari Kantor Kecamatan Panggungrejo dengan berjalan kaki menuju Pelabuhan .

Warga kemudian mengarak perahu kecil yang berisi ancak ke tengah laut. Tradisi itu berlangsung meriah dan semarak. Ada belasan perahu yang dihias dan ditumpangi warga ikut mengantarkan ancak ke tengah laut.

, sapaan Wali , bersyukur dapat mengikuti sedekah laut. Ia berharap kegiatan itu dijadikan momentum memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan rezeki.

"Jadi, laut ini diciptakan oleh Allah SWT untuk menjadi bagian kulo panjenangan. Kalau disederhanakan, laut itu untuk harian. Jadi, kita setiap hari bisa mencari ikan di laut, naik ke daratan itu tanaman bulanan bisa jagung, padi. Kemudian naik ke atas lagi pegunungan itu tanaman tahunan, maka itu semua ciptaan Allah SWT yang luar biasa," ujarnya.

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO