Bermodal Paspor Palsu, WNA Cina Jadi Joki Tes Bahasa Inggris Diamankan Imigrasi Surabaya

Bermodal Paspor Palsu, WNA Cina Jadi Joki Tes Bahasa Inggris Diamankan Imigrasi Surabaya BUKTI: Terduga WN Cina dan barang bukti joki tes Bahasa Inggris saat dihadirkan dalam konferensi pers di Kantor Imigrasi Surabaya, Rabu (5/7/2023). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com berhasil mengamankan seorang warga negara (WN) Cina berinisial YW saat mengikuti tes Bahasa Inggris (International English Language Testing System) di salah satu lembaga bahasa di Surabaya Pusat.

Perempuan berusia 28 tahun tersebut diamankan oleh Tim Inteldakim Imigrasi Surabaya saat menjadi joki tes Bahasa Inggris pada Senin (3/7/2023) lalu.

YW diketahui memakai saat mau mengikuti tes Bahasa Inggris tersebut.

Kepala Chicco A Muttaqin menjelaskan, terungkapnya perjokian tes Bahasa Inggris yang dilakukan oleh YW berawal dari kecurigaan lembaga bahasa di Surabaya pusat terhadap salah satu peserta tes asal Cina.

Lembaga bahasa ini, kata Chicco, mengaku curiga adanya ketidaksesuaian paspor sebagai persyaratan pendaftaran tes dan pemegang paspor. Informasi tersebut lalu disampaikan ke .

Petugas Imigrasi Surabaya pun datang ke lembaga bahasa tersebut dan menginterview yang bersangkutan. Petugas lalu mengecek paspor YW yang dipakai untuk tes Bahasa Inggris tersebut.

"Kami lalu menemukan kejanggalan terhadap keabsahan paspor tersebut. Ada dugaan awal paspor tersebut palsu. Lalu dilakukan pengecekan izin tinggal dan ditemukan ," cetus Chicco saat konferensi pers di , Jl. Raya Juanda KM 3-4 Sedati, Sidoarjo, Rabu (5/7/2023).

Petugas lalu mengecek data perlintasan di seluruh bandara internasional di Indonesia atas nama di paspor tersebut. Hasilnya tidak ditemukan alias nihil.

"Terduga akhirnya mengakui bahwa paspor tersebut bukan miliknya dan mengaku jika paspor yang sah, ada di tempat tinggalnya. Dan setelah kami cek, ditemukan dua paspor lainnya," beber Chicco.

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO