Jelang Idul Adha, Ratusan Sapi di Bangkalan Terjangkit LSD

Jelang Idul Adha, Ratusan Sapi di Bangkalan Terjangkit LSD Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Bangkalan, Ali Makki.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idhul Adha, ratusan sapi milik warga mulai terjangkit lumpy skin disease (). Berdasarkan data yang dihimpun, ada 13 kecamatan terkena sebaran yang terdata oleh Dinas Peternakan .

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan , Ali Makki, mengatakan bahwa berdasarkan data yang diperoleh dari teman-teman yang bertugas di kecamatan, kasus di belangan ini makin meningkat.

"Dari 13 kecamatan yang terjangkit totalnya terdapat 545 yang tersebar dibeberapa kecamatan yaitu 12, Blega 37, Burneh 79, Galis 70, Geger 28, Kamal 32, Konang 41, Kwanyar 7, Modung 38, sepuluh 30, Socah 15, Tanah Merah 146, dan Trageh yaitu 10 kasus," paparnya, Kamis (15/6/2023).

Menurut dia, pemicu merebaknya di ialah laju lalu lintas antarkabupaten yang tak terkontrol, sehingga sapi dari luar daerah mudah masuk ke .

"Banyak kendaraan yang ilegal yang masuk ke belum tentu sapi yang mereka bawa itu aman tak ada tanda klinis hal ini bisa jadi pemicu terjangkitnya karena belum melalui pemeriksaan terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menghimbau untuk para peternak dan pedagang agar senantiasa menjaga kebersihan kandang dengan menyemprotkan disinfektan, serta untuk sapi yang akan dilalulinyaskan agar melalui mekanisme yang dicangkan oleh dinas terkait.

"Kami berharap kepada pedagang tolong pastikan ternak divaksin, pastikan sapi tidak menunjukkan tanda klinis PMK ataupun agar tidak menambah penyebarannya," [ungkasnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO