Tangkal Terorisme, Bakesbangpol Trenggalek Gelar Seminar Anti Radikalisme

Tangkal Terorisme, Bakesbangpol Trenggalek Gelar Seminar Anti Radikalisme Seminar Anti Radikalisme di Bhawarasa Trenggalek.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Upaya pencegahan penyebaran paham radikalisme, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Trenggalek menggelar Seminar di gedung Bhawarasa Kabupaten Trenggalek, Kamis (15/6/2023).

Kepala Bakesbangpol Trenggalek, Widarsono dalam sambutannya menyampaikan maksud dari kegiatan ini, adalah untuk menambah pengetahuan serta wawasan bagi kaum remaja agar tidak mudah terprovokasi dengan paham radikalisme dan terorisme.

“Tujuan kegiatan ini untuk menginspirasi dan membuka wawasan dan menanamkan rasa kebhinekaan serta menumbuhkan jiwa Pancasila dengan jiwa persatuan bangsa serta untuk menumbuhkan suatu pemahaman bela negara berdasarkan Pancasila,” kata Widarsono.

Tenaga Ahli Pencegahan Radikalisme Ekstrimisme dan Mabes Polri, Islah Bahrowi mengatakan, kelompok radikal maupun kelompok ekstrim atau kelompok yang mengarah pada teror saat ini jika ingin merekrut anggota tidak perlu bertatap muka.

“Kelompok-kelompok yang mengusung ajaran ini untuk menginfiltrasi pemikiran anak muda ini bisa lewat media digital dan lain sebagainya,” kata Islah Bahrowi yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Menurutnya, Trenggalek disebut sebagai wilayah yang relatif landai dan aman dari penyebaran paham radikalisme. Kendati demikian, yang menjadi ancaman bagi Trenggalek adalah ketika generasi muda harus melanjutkan studi di luar Trenggalek, maka tingkat terpapar paham radikalisme terbilang tinggi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO