Warga Kangean Antusias Ikut Pelayanan Hukum dan HAM Bergerak Kanwil Kemenkumham Jatim

Warga Kangean Antusias Ikut Pelayanan Hukum dan HAM Bergerak Kanwil Kemenkumham Jatim Petugas dari Kanwil Kemenkumham Jatim saat memberi pemaparan dalam Pelayanan Hukum dan HAM Bergerak di Pulau Kangean.

ARJASA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat di Pulau Kangean merespons positif Pelayanan hukum dan HAM bergerak yang diinisiasi . Puluhan warga memadati pendopo Kecamatan Arjasa untuk memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh instansi yang dipimpin Imam Jauhari itu, Sabtu (10/6/2023).

"Memang ini adalah momen bersejarah, setelah sekian lama, rasanya baru kali ini kami turun langsung ke daerah terluar Jatim untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Kadiv Yankumham Subianta Mandala yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Jatim.

Ia menyebut, potensi SDM dan SDA Pulau Kangean perlu ditangani secara spesifik agar memiliki nilai tambah. Karena berkaca dari negara-negara maju kini sudah tidak bergantung pada sumber daya alamnya.

"Melainkan mulai menggunakan Kekayaan Intelektual sebagai sumber peningkatan perekonomian. Sektor usaha masyarakat juga perlu diperhatikan legalitasnya," imbuhnya.

Dengan legalitas yang kuat maka warga Kepulauan Kangean semakin mampu berkompetisi secara mandiri. Seiring dengan kemandiriannya itu mereka juga mampu melakukan perjalanan antar negara dengan menggunakan dokumen perjalanan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu warga yang memanfaatkan layanan keimigrasian adalah Nuati. Warga Desa Paseraman, Arjasa itu memanfaatkan layanan perekaman data untuk penerbitan paspor yang diberikan Kanim Pamekasan.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO