Sukses Budi Daya Melon Konsep Greenhouse, Perangkat Desa Tanjangawan Beberkan Resepnya

Sukses Budi Daya Melon Konsep Greenhouse, Perangkat Desa Tanjangawan Beberkan Resepnya Perangkat Desa Tanjangawan Ahmad Mahdi menunjukkan hasil budi daya melon jenis golden di greenhouse miliknya. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Perangkat , Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Ahmad Mahdi, sukses melakukan jenis golden dengan konsep untuk menambah penghasilannya. Mahdi pun tak segan membeberkan rahasia suksesnya.

Mahdi menanam melon di lahan sekira rumah seluas 250 meter. Dalam kurun waktu 70 hari, melon-melon itu berbuah dan siap panen.

Dalam sekali panen, Mahdi mendapatkan uang hingga Rp16 juta. Sukses itu berkat tekad kuatnya dalam membagi waktu sebagai perangkat desa dan menyalurkan kegemarannya bertani.

Mahdi melakukan penyiraman sebelum berangkat dan sepulang bekerja sebagai Kaur TU dan Umum di Balai . Dia bersama istrinya sudah menekuni pertanian, terutama tanaman padi dan tomat.

Karena hasilnya kurang maksimal akibat banyak hama di sawah, ia kemudian belajar dengan konsep .

"Awalnya saya belajar ke beberapa pem yang sukses. Setelah tahu ilmunya, saya akhirnya mencoba mempraktikkan," ungkapnya Mahdi, Kamis (8/6/2023).

Sebagai langkah awal, ia menanam 700 bibit melon di lahan 250 meter persegi. Modal yang dikeluarkan untuk bibit, media tanam, dan nutrisi sekira Rp4 juta.

"Saya butuh sekitar 70 hari untuk bisa panen melon. Alhamdulillah, sebelum panen sudah banyak orang yang pesan," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO