Musim Kemarau, Dinkes Kota Batu Imbau Warga Waspadai Penyakit ISPA

Musim Kemarau, Dinkes Kota Batu Imbau Warga Waspadai Penyakit ISPA Ilustrasi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas (Dinkes) mengingatkan masyarakat terkait beberapa penyakit yang berpotensi timbul menyertai awal musim kemarau. Salah satunya adalah atau .

dr. Suzana Indahwati, Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana Dinkes , mengatakan rawan menyerang manusia di awal musim kemarau yang kadang disertai hujan.

"Musim kemarau dapat menyebabkan peningkatan debu dan partikel yang mengambang di udara. Hal ini dapat memicu iritasi saluran pernapasan dan meningkatkan risiko infeksi seperti pilek, flu, bronkitis, atau pneumonia," ujar Suzana, Kamis (8/6/23).

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan diri dan menghindari paparan debu yang berlebihan dengan menggunakan masker saat diperlukan untuk melindungi saluran pernapasan.

Selain infeksi saluran pernapasan, awal musim kemarau biasanya juga menyebabkan kulit rentan mengalami dan iritasi. Beberapa masalah kulit yang umum terjadi adalah kulit kering, eksim, ruam, atau infeksi jamur.

"Kami menyarankan agar masyarakat menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap, minum cukup air, dan menjaga kebersihan kulit," terang Suzana.

Lihat juga video 'Musim Kemarau Tahun ini Tak Sesuai Harapan Pengrajin Batu Bata Merah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO