10 Dampak Insomnia bagi Kesehatan

10 Dampak Insomnia bagi Kesehatan 10 Dampak Insomnia bagi Kesehatan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Insomnia adalah yang membuat seseorang sulit tidur di malam hari, gelisah, terbangun lebih awal dan tidak bisa tidur kembali.

Gangguan tidur ini tidak hanya membuat tubuh terasa mengantuk dan lelah ketika bangun, namun juga dapat memicu gangguan kesehatan tertentu.

Dilansir dari WebMD dan The Institute of Medicine (IOM) Committee on Sleep Medicine and Research, berikut :

1. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Kualitas tidur yang buruk akan meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti denyut jantung yang tidak beraturan, gagal jantung hingga jantung koroner.

Buruknya kualitas tidur yang berkepanjangan, akan memicu peningkatan stres sehingga kondisi jantung semakin melemah.

2. Memicu masalah kesehatan mental

Penderita insomnia memiliki risiko 10 kali lipat lebih besar mengalami depresi, gangguan kecemasan, hingga munculnya pikiran untuk mengakhiri hidup.

Kondisi ini disebabkan oleh perubahan suasana hati yang sangat drastis sehingga memengaruhi fungsi motorik dan kognitif seseorang.

3. Meningkatkan risiko asma

Asma tidak hanya terjadi salah satu penyebab insomnia, namun juga sebaliknya. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk akan memiliki risiko asma yang lebih tinggi.

4. Menurunkan kekebalan tubuh

Sistem imun akan mengalami penurunan apabila seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Kurang tidur akan meningkatkan risiko inflamasi dan mengganggu kinerja sistem imun. Akibatnya tubuh rentan terkena penyakit.

5. Meningkatkan berat badan

Kurang tidur membuat tubuh memproduksi lebih sedikit hormon leptin yang berguna untuk menekan nafsu makan, dan meningkatkan hormon ghrelin yang akan meningkatkan nafsu makan.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO