Lahan Pascatambang Semen Baturaja Dimanfaatkan untuk Budidaya Lebah Trigona

Lahan Pascatambang Semen Baturaja Dimanfaatkan untuk Budidaya Lebah Trigona Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kedua kiri), ketika melihat budidaya lebah trigona di area green house lahan reklamasi pascatambang Pabrik Semen Baturaja. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Lahan pascatambang seluas 30,14 hektare yang telah direklamasi milik PT Semen Baturaja Tbk (anak usaha ) di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, dimanfaatkan untuk rumah bagi koloni lebah trigona sejak dibudidayakan pada Juli 2021.

Lebah trigona merupakan salah satu genus lebah tanpa sengat penghasil terbaik karena memiliki tingkat kandungan bee pollen paling tinggi. Madu trigona berwarna agak gelap dan tidak bening, serta memiliki rasa yang unik dari perpaduan manis, asam, dan pahit.

Selain dikenal sebagai penghasil terbaik, lebah trigona juga merupakan produsen propolis terbaik di dunia. Budidaya lebah trigona terbilang cukup mudah, sehingga banyak dipelihara secara tradisional oleh masyarakat pedesaan sekitar kawasan hutan.

Program reklamasi dan revegetasi dengan menggunakan metode silvikultur yang telah dijalankan oleh Semen Baturaja, terbukti telah berhasil mengubah lahan pascatambang menjadi lahan asri yang kaya akan beragam jenis tanaman, khususnya tanaman hias berbunga yang sangat disukai oleh koloni lebah.

Saat ini, sedikitnya terdapat 30 jenis tanaman dengan total sebanyak 11.344 pohon yang telah ditanam. Antara lain, kaliandra, cemara, flamboyan, durian, mangga, kelengkeng, rukam, nangka, trembesi, mahoni, dan matoa.

Corporate Secretary , Vita Mahreyni mengatakan, budidaya lebah trigona merupakan inovasi yang dilakukan oleh Semen Baturaja untuk membantu proses penyerbukan tanaman di lahan reklamasi pascatambang, sekaligus sebagai penghasil .

Juga sebagai upaya dalam meningkatkan keanekaragaman hayati di lahan reklamasi pascatambang Pabrik Baturaja yang diharapkan dapat memberikan nilai secara ekonomis maupun ekologis.

"Lebah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia melalui yang diproduksinya, tetapi juga bagi kelangsungan hidup manusia dan keanekaragaman hayati lainnya. Karena lebah berperan sebagai penyerbuk utama tanaman untuk produksi pangan sekaligus mendukung pertumbuhan tanaman yang menjadi makanan dan tempat berlindung bagi makhluk lainnya," ucap Vita Mahreyni, Senin (5/6/2023).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO