Gubernur Khofifah Lepas 445 Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya

Gubernur Khofifah Lepas 445 Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya Gubernur Jatim Khofifah saat melepas 445 Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keberangkatan embarkasi Surabaya tahun 1444 Hijriah dilepas oleh  Indar Parawansa di , Surabaya, Rabu (24/5) pagi.

Para jamaah pada kloter ini berasal dari Kabupaten Bangkalan sebanyak 445 jemaah dan petugas kloter 5 orang. Para jemaah itu terdiri atas 220 pria dan 225 perempuan. Sedangkan, para petugas terdiri dari 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Dari jumlah itu, jemaah usia 75 tahun ke atas ada 28 orang. Jemaah tertua adalah atas nama Hasanah Lasan Punah dari Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan dengan usia 96 tahun. Sedangkan yang termuda adalah nama Muhammad Zainul Waton dari Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan berusia 18 tahun.

Dengan banyaknya jumlah jemaah yang masuk kategori lansia, Gubernur berpesan agar mereka mendapat perhatian ekstra. Khususnya dalam menjaga kesehatan agar terhindar dari varian Covid-19 MERS.

"Tadi saya komunikasi dengan dokter karena ada yang menurut saya perlu pendampingan. Saya juga koordinasikan dengan dr. Herlin, Dirut , agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar jemaah calon haji sehat, mulai berangkat, saat beribadah, dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur," ujarnya.

"Saya juga ingatkan untuk pemakaian masker, karena ada informasi dari Kementerian Kesehatan bahwa ada varian Covid-19 MERS yang harus diwaspadai. Jadi penting untuk langkah-langkah preventif," tambah .

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini menegaskan pihaknya telah memaksimalkan berbagai usaha untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jemaah. Mengingat, berbagai pihak terlibat dan bersinergi.

"Saya bersama Pak Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Kakanwil Kemenkumham, Plt. Bupati Bangkalan, Tim Ahli Kemenag, tim dari otoritas bandara, bea cukai, imigrasi, staf kesehatan, dan pihak Saudi Airlines ada di sini. Semuanya memberikan doa kepada panjenengan, mudah-mudahan sehat dalam melaksanakan ibadah haji dan dimudahkan semua urusan olehnAllah SWT. Amin," ucap mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Tak lupa, mendoakan agar para tamu Allah tersebut diberi kemudahan dalam setiap proses ibadah haji. Mulai saat perjalanan di pesawat, ziarah ke roudhoh, melaksanakan umroh, saat di Arafah, saat di Muzdalifah, saat di Mina, saat jamarat maupun tawaf ifadah.

"Semoga semuanya dimudahkan Allah dan meraih kemabruran. Amin," katanya.

juga berpesan kepada para jemaah haji agar senantiasa mendoakan daerahnya. Lebih jauh, dirinya berharap agar setiap masyarakat Muslim dapat menunaikan ibadah haji.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO