Ketua DPRD Kota Malang Borong Batik Sukun

Ketua DPRD Kota Malang Borong Batik Sukun Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, saat berbincang dengan perajin batik sukun.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Motif kreasi kembang mendapat perhatian dari Ketua DPRD Kota, I Made Riandiana Kartika. Ia pun memborong sejumlah kain dengan model yang bertemakan wilayah (pohon sukun) tersebut.

"Kota ini ada banyak jenis batik, salah satu yang sangat menarik adalah Batik Sukun," kata Made melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (17/5/2023).

Ia menjelaskan, batik merupakan warisan budaya dan harus dilestarikan oleh seluruh kalangan masyarakat. Menurut dia, memiliki motif pohon yang sangat unik dan layak untuk dipasarkan baik di kalangan regional, bahkan internasional.

"Para pengrajin Batik Sukun ini juga harus mendapat dukungan dan support dari Pemerintah Kota, karena ini bagian dari upaya kita melestarikan budaya," ujarnya.

Made menyebut, salah satu dukungan yang perlu diberikan oleh pemerintah adalah terkait dengan pembinaan para pengrajin batik termasuk berupaya mendirikan koperasi yang nantinya bisa membantu dalam hal produksi. Ia meminta pemerintah daerah setempat untuk mempromosikan Batik Sukun dalam berbagai even nasional dan internasional.

"Pemerintah daerah adalah legislatif dan eksekutif. Kami di DPRD akan terus berupaya memberikan anggaran agar batik ini bisa dipromosikan dengan maksimal. Bahkan ini adalah bagian dari kita peduli kepada UMKM di Kota," paparnya.

Ia berharap dengan adanya dukungan dan bantuan dari berbagai stakeholder, keberadaan Batik Sukun dan juga batik lainnya di Kota bisa berkembang dengan baik, dan mampu menjangkau berbagai segmen pasar. (dad/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO