​KPU Kota Madiun Sosialisasikan Peraturan Rancangan Peraturan Terkait Pencalonan Anggota Dewan

​KPU Kota Madiun Sosialisasikan Peraturan Rancangan Peraturan Terkait Pencalonan Anggota Dewan Ketua KPU kota Madiun, Wisnu Wardhana. Foto : Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun melakukan sosialisasi rancangan peraturan KPU kepada para stakeholder, serta media dan di SUM Hotel, Selasa (18/4/2023) malam.

Hal ini, sebagai bentuk pengenalan peraturan pencalonan dewan mulai pusat dan daerah.

"Hari ini kita sosialisasikan rancangan peraturan KPU terkait Pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi maupun kota/kabupaten kepada seluruh stakeholder. Baik dari parpol, pemerintahan, , ormas juga dari jajaran KPU serta akademisi," kata Ketua, Wisnu Wardhana.

Ia menegaskan, yang disosialisasikan saat ini, terkait norma-norma ketentuan yang menjadi rujukan dalam pencalonan.

"Kali ini kita mensosialisasikan terkait norma-norma dan ketentuan yang sekiranya nanti menjadi rujukan kita di dalam proses pencalonan," lanjutnya.

"Juga mendapatkan informasi terkait calon-calon, bagaimana melakukan proses pendaftaran yang tentu saja melalui partai ," imbuhnya.

Sehingga, ia berharap, partai politik juga harus memahami secara utuh regulasi ketentuan di dalam proses. Semua harus paperless, jadi segala sesuatu dokumen yang menjadi persyaratan, harus diunggah atau diinput di dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Sedangkan untuk format pemilu mendatang, Wisnu menjelaskan masih menunggu keputusan MK. Sebenarnya bagaimana sistem yang ada proses pemilu masih sama.

"Kalau untuk hal tersebut kita masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi. Karena proses masih berjalan. Apapun sistemnya prosesnya tetap sama," pungkasnya. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ketua DPP LSM Tamperak Ditangkap Karena Peras Anggota Polres Jakarta Pusat Rp 250 Juta':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO