PA Kabupaten Kediri Cabut Kuasa Ayah atas Dua Anak Kandungnya

PA Kabupaten Kediri Cabut Kuasa Ayah atas Dua Anak Kandungnya Ketua Tim JPN, Bonard David Yuniarto (dua dari kiri) dan tim saat foto bersama dengan Majelis Hakim PA Kabupaten Kediri usai sidang. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pangadilan Agama (PA) Kabupaten menggelar sidang putusan atas gugatan pencabutan kuasa orang tua seorang ayah atas nama ZA, warga Kecamatan Puncu, Kabupaten , terhadap dua orang putrinya sendiri.

Gugatan dilakukan oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) pada Kejaksaan Negeri Kabupaten . Sidang putusan pencabutan kuasa orang tua terhadap anaknya itu berlangsung di Ruang Sidang II PA Kabupaten , Senin (27/3/2023). Dalam putusanya, majelis hakim mengabulkan gugatan JPN untuk seluruhnya.

Ketua Tim JPN, Bonard David Yuniarto, mengatakan majelis hakim telah mencabut kekuasaan ZA terhadap dua anak kandungnya, dan memberikan kuasa sepenuhnya kepada ibu kandung untuk mendidik dan merawat kedua orang anaknya.

Menurut Bonard, selain alasan tindak pidana yang dilakukan oleh ZA, gugatan tersebut juga mempertimbangkan perkembangan kehidupan anak. Di mana kedua anak perempuannya mengalami trauma atas kejadian yang dilakukan oleh ayah kandung mereka sendiri.

"Dinas sosial sebagai pendamping nantinya juga akan terus memantau perkembangan kedua anak perempuan dari ZA hingga menginjak usia dewasa. Trauma anak menjadi pertimbangan agar kedua anak tersebut tetap bisa berkembang secara normal," tambah pria yang juga Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Kabupaten itu.

Bonard menyebut bahwa gugatan pencabutan kuasa orang tua terhadap anak ini baru pertama kali terjadi di dan dikabulkan oleh Majelis Hakim PA Kabupaten .

"Ini merupakan perkara yang pertama kali di dan ketiga kalinya di Indonesia. Sebelumnya, dua perkara yang sama terjadi di Provinsi Jambi," pungkas Bonard.

Seperti diketahui, bahwa gugatan ini dilakukan jaksa pengacara negara (JPN) berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Kabupaten atas tindak pidana perlindungan anak.

ZA tega mencabuli anak kandungnya sendiri dan sudah divonis hukuman 13 tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Kabupaten , Jawa Timur, Kamis (25/8/2022) lalu.

ZA terbukti bersalah dengan pemberatan. Salah satunya, adalah korban adalah anak kandung sendiri dan tidak memaafkan perbuatan terdakwa ZA yang notabene adalah ayah kandung korban. (uji/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO