Sudah Masuk Maret, DPRD Gresik Ingatkan Target PAD 2023 Rp1,5 Triliun

Sudah Masuk Maret, DPRD Gresik Ingatkan Target PAD 2023 Rp1,5 Triliun Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pimpinan DPRD merespons hasil rapat dengar pendapat (hearing) antara Komisi III dengan sekretaris daerah, Achmad Washil Miftahul Rachman; Kepala BPPKAD , AM Reza Pahlevi; dan sejumlah OPD terkait.

"Hearing itu diketahui bahwa Pemda hingga bulan Maret ini punya stok anggaran Rp50 miliar," kata Ketua DPRD , Ahmad Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (16/3/2023).

Menurut dia, kekuatan fiskal belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 diproyeksikan sekitar Rp4,1 triliun, sedangkan fiskal pendapatan daerah diproyeksikan sekitar Rp3,9 triliun. Dari kekuatan fiskal belanja itu, sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipatok sekitar Rp1,5 triliun.

"Kalau patokan target PAD Rp1,5 triliun, idealnya pendapatan asli daerah pada bulan Maret sudah masuk minim Rp375 miliar dong," ucap Ketua DPD Golkar ini.

Nurhamim menegaskan, dari stok keuangan yang dimiliki Pemkab Rp50 miliar hingga bulan Maret, dana itu setelah dibuat melunasi hutang proyek tahun 2023 Rp20 miliar, maka tinggal Rp30 miliar.

"Untuk itu, kami minta agar kinerja Pemkab , khususnya OPD penghasil harus lebih digiatkan. Jika tidak, program yang telah dicanangkan dalam APBD 2023 tidak terlaksana maksimal karena terkendala pembiayaan," paparnya.

Ia menyebutkan, kalau kinerja OPD menurun, maka dikhawatirkan berdampak terhadap dana tranfer daerah.

"Ada kemungkinan dana transfer akan berkurang lagi kalau model kinerja eksekutif cuma gini-gini ae," cetusnya.

Ia menambahkan, setiap mengisi materi focus group discussion (FGD), ia selalu mengingatkan problem daerah yang sedang dihadapi oleh pemerintah.

"Bisa dicek, di setiap saya ngasih materi FGD di OPD-OPD mas, saya selalu ingatkan problem daerah yang sedang kita hadapi berikut solusi yang harus kita lakukan," tutupnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO