Wali Kota Kediri Panen Raya Padi, Hasilkan 7-8 Ton per Hektare

Wali Kota Kediri Panen Raya Padi, Hasilkan 7-8 Ton per Hektare Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat ikut panen raya padi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali , , melakukan panen raya bersama Kelompok Tani Makmur, Kamis (16/3/2023), di Kelurahan Ngronggo. Panen raya padi kali ini menghasilkan 7-8 ton per hektare, melebihi rata-rata tingkat nasional yakni 5-5,4 ton per hektare.

"Alhamdulillah, pagi ini kita bisa panen bareng dan hasilnya melebihi rata-rata nasional. Ini menandakan lahan kita bagus, perawatan, dan pengairannya pun bagus. Meskipun ini di perkotaan dan lahan pertaniannya tidak banyak. Di sini cara menanamnya dengan tanam biji langsung," ujarnya.

mengatakan ada beberapa hal yang dititipkan oleh para petani kepada Pemerintah . Pertama adalah ketersediaan pupuk. Dalam hal ini Pemerintah melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian akan terus memantau pupuk di .

Kedua, untuk pengairan juga harus dijaga. Irigasi bisa dibuat melalui Prodamas. Selanjutnya adalah ketersediaan lahan. Di , petani lahannya sewa pada pemkot. Sejak tahun 2014, Pemerintah menjaga lahan untuk pertanian.

"Tidak boleh ada yang bermain-main dengan pupuk. Saya tidak rela petani kesulitan mendapat pupuk. Petani-petani di juga saya minta bergabung di kelompok tani," ungkapnya.

Wali juga mengungkapkan gagasan baru, yakni menanam padi organik. Saat ini permintaan terhadap padi organik di masyarakat cukup banyak. Tetapi ketersediaan padi organik masih jarang. Nanti padi organik ini dapat dipasarkan melalui supermarket di .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO