Dua Benda Purbakala di Sukodono dan Buduran Sidoarjo Hilang Digondol Maling

Dua Benda Purbakala di Sukodono dan Buduran Sidoarjo Hilang Digondol Maling Lokasi benda purbakala yang hilang digondol maling.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak dua benda purbakala yang ada di Desa Wilayut, Kecamatan Sukodono, dan Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, , hilang digondol maling. Adapun barang kuno yang amblas yakni, Fragmen Arca Dewi Durga yang berada di Komplek Makam Mbah Surodowo, dan Yoni di Komplek Makam Dusun Cari.

"Saat itu, Kamis (16/2/2023), saya dapat informasi kalau arcanya hilang tepat seminggu sebelum acara Bersih Desa Wilayut," kata Kepala Dusun Wilayut, Nur Komari (40), saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

"Fragmen Arca Dewi Durga semula diletakkan di atas lumpang dekat makam. Arca setinggi 30 cm itu dibalut dengan kain warna putih. Untuk saat ini, kami dengan perangkat desa yang lain termasuk pak lurah juga tengah berusaha mencarinya di daerah sekitar," imbuhnya.

Selain itu, Kepala Dusun Cari, Dian Sulistiyo (37), mengungkapkan apabila benda purbakala jenis Yoni yang terletak di tengah makam dusun itu hilang sejak Sabtu (4/3/2023).

"Kita baru tahu pas hari Minggu atau keesokkan harinya saat bersih-bersih makam bersama warga. Saya menduga, benda tersebut dicuri dengan cara diseret, karena ada seretan yang sangat terlihat, dan pelakunya lebih dari dua orang, batu dengan berat ratusan kilogram tidak mungkin diangkat sendiri," paparnya.

Pihaknya kini tengah berupaya untuk proses pencarian. Namun, dalam waktu dekat apabila tidak kunjung ketemu, Pemdes Banjarsari sepakat untuk melaporkan pencurian ini ke kepolisian. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO