Bank Jatim dan Pemkab Jombang Hadirkan Si Ratri di Pasar Perak

Bank Jatim dan Pemkab Jombang Hadirkan Si Ratri di Pasar Perak Penyerahan kartu e-retribusi secara simbolis.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com bersama Pemkab mengembangkan sistem pembayaran retribusi elektronik (E-Retribusi). Inovasi ini diterapkan di Pasar Perak dengan nama Si Ratri atau akronim dari Sistem Pembayaran Retribusi Elektronik Terintegrasi.

Direktur IT & Digital , Zulhelfi Abidin, mengatakan bahwa Si Ratri akan menjadi solusi atas hambatan yang kerap dialami pemerintah daerah saat menghimpun iuran atau retribusi. Si Ratri hadir dalam bentuk kartu yang disiapkan , untuk memudahkan para pedagang dalam bertransaksi, karena dapat top up dan tersedia virtual account khusus.

"Melalui sistem ini, pemerintah akan mendapat informasi kepastian dana yang akuntabilitas dan bisa dipertanggungjawabkan. Kami berharap, 16 pasar yang ada di nantinya akan mendapatkan sistem E-Retribusi, juga pemanfaatan QRIS dalam bertransaksi, baik kepada pemerintah maupun konsumen,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (6/3/2023).

Hadirnya sistem ini diharapkan membantu dan mewujudkan Program Elektronifikasi Pemerintah Daerah (ETP) dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) serta percepatan dan perluasan digitalisasi daerah .

Sementara itu, Bupati , Mundjidah Wahab, menyebut peresmian di Pasar Perak sebagai pasar smart economy diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi para pedagang di Kota Santri.

"Dengan dukungan sistem E-Retribusi Si Ratri, semoga para pedagang semakin nyaman, aman dan berharap sinergitas antara Pemerintah, masyarakat dan semakin kuat,” tuturnya.

Gubernur Khofifah yang turut hadir dalam agenda tersebut berterima kasih kepada Pemkab , yang telah memberikan fasilitas Pasar Perak menjadi pasar smart economy dengan transaksi digital di dalamnya.

“Semoga pedagang dipermudahkan dalam pembayaran retribusi pasar. Selain itu sistem E-Retribusi ini memberi keamanan bagi para pedagang maupun pemerintah agar meminimalisir hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (mdr/diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pemkab Nganjuk Terima Mobil URC Sekaligus Launching E-Retribusi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO