Tahun Politik, AMSI Jatim dan Polresta Banyuwangi Segera Bentuk Komite Komunikasi Digital

Tahun Politik, AMSI Jatim dan Polresta Banyuwangi Segera Bentuk Komite Komunikasi Digital Diskusi Ketua AMSI Jatim Arief Rahman (kanan) dengan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa (dua dari kiri).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Ketua Asosisasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur terus mendorong pembentukan (KKD) di 38 kabupaten/kota se-Provinsi Jatim. Termasuk saat melakukan kunjungan ke Banyuwangi, Jumat (18/2/2023). 

Saat bertemu dengan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, ia menyarankan agar Banyuwangi segera membentuk KKD. Mengingat, pesatnya perkembangan internet dan media sosial diiringi dengan penyebaran disinformasi, hoax, dan hate speech yang juga semakin masif.

Menurutnya, banyaknya sampah di dunia digital dapat memicu terjadinya gesekan antar masyarakat. Apalagi, potensi konflik horizontal bakal semakin kuat di tahun politik ini.

Di sisi lain, beban polisi akan semakin berat dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Karena itu, harus melibatkan pemangku kepentingan lainnya.

“Kepolisian tidak akan bisa bekerja sendiri. Oleh sebab itu, AMSI sebagai asosiasi yang menaungi media arus utama dan profesional di bawah naungan Dewan Pers ini bahu-membahu dengan pemerintah, kepolisian, dan TNI dalam menangkal hoax, disinformasi, misinformasi, dan juga ujaran kebencian yang semakin membanjiri ruang digital publik, khususnya di media sosial,” ujar .

Ia mengungkapkan, saat ini sudah 32 kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah terbentuk (KKD). Komite tersebut terdiri dari unsur pimpinan pemerintah (kominfo), pimpinan media, jurnalis, TNI, Polri, akademisi, para pegiat komunikasi, maupun tokoh-tokoh masyarakat.

KKD sendiri diinisiasi bersama oleh , , , dan Kodam V/Brawijaya, sejak tahun lalu. Kata Arief, keberadaan KKD bisa menjadi salah satu solusi strategis menghadapi badai informasi di tahun politik.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO