Ribuan Bonsai Bernilai Miliaran Rupiah Dipamerkan di Gresik

Ribuan Bonsai Bernilai Miliaran Rupiah Dipamerkan di Gresik Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat melihat tanaman bonsai yang dipamerkan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Terdapat seribu tanaman bonsai bernilai miliaran rupiah dipamerkan di halaman parkir belakang Gressmall, Rabu (15/2/2023). menjadi menjadi tuan rumah pameran bonsai skala nasional yang digelar pada 11-21 Februari 2023.

Wakil Bupati , Aminatun Habibah, membuka agenda tersebut. Tanaman yang telah dibentuk dengan apik ini diletakkan berjajar memenuhi area pameran, mulai beringin, anting putri, santigi, jeruk kingkit, dan lainnya dikelompokkan dalam sejumlah kelas (prospek, pratama, madya, serta utama).

Pameran ini hasil inisiasi Dinas Pertanian dengan Perhimpunan Penggemar Indonesia (PPBI) merupakan salah satu rangkaian acara dalam menyambut HUT ke-49 dan Hari Jadi ke-536.

Peserta pameran bonsai datang dari Jawa Timur, bahkan luar Jawa Timur seperti Sulawesi. Wakil bupati yang akrab disapa itu mengatakan bahwa merupakan salah satu daerah penghasil tanaman hias yang potensial.

"Tidak hanya bonsai saja, kita punya Adenium, Aglonema, Bougenville, dan lain-lain. Semuanya ada di showroom sebanyak 1.825 unit yang tersebar di area sepanjang 7 kilometer di 6 desa di Kecamatan Driyorejo, Wringinanom, dan Kedamean," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, bonsai termasuk jenis tanaman antik dan penuh nilai seni. Dengan melestarikan budidaya tanaman melalui seni bonsai, wabup menilai hal tersebut akan mampu menggerakkan ekonomi kreatif.

"Saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di Kabupaten , sehingga pecinta-pecinta bonsai di Kabupaten bisa terus termotivasi untuk senantiasa meningkatkan keahliannya," tuturnya.

juga memberikan piala sebagai bentuk apresiasi pada bonsai terbaik di gelaran ini. Salah satunya, diterima penghobi bonsai bernama Vinsent asal Pamekasan, Madura. Tanaman bonsai senilai ratusan juta milik Vinsent, meraih gelar bergengsi, "Best In Show".

Kegiatan ini juga dihadiri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim yang diwakili oleh Irita Rahayu Aryati, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Jatim Dr. Atekan, Ketua Umum PPBI Pusat Erwin Lismar, Ketua Umum PPBI Zul Azmy Amiq, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Eko Anindito, serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten . (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO