KPU Pasuruan Lantik 4.499 Petugas Pantarlih

KPU Pasuruan Lantik 4.499 Petugas Pantarlih Pelantikan ratusan Petugas Pantarlih Kecamatan Gempol dipusatkan di Lapangan Bulusari.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - KPU Kabupaten Pasuruan malalui PPK di masing masing kecamatan melantik petugas (pantarlih) untuk pemilu 2024 secara serentak, Minggu (12/2/2023).

Suyatmin, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, mengatakan pelantikan petugas pantarlih dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

"Kalau untuk lokasi bisa dilakukan gedung kecamatan atau ruang yang representatif," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (12/2/2023).

Total petugas pantarlih di 24 kecamatan yang dilantik sebanyak 4.499 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) di Kabupaten Pasuruan. Mereka akan mengabdi selama kurang lebih 2 bulan.

"Pantarlih yang terpilih akan bekerja mulai 12 Februari hingga 11 Apri 2023," kata Suyatmin.

Pantarlih pemilu 2024 bertugas untuk membantu KPU kabupaten-kota, PPK, dan PPS dalam penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Mereka akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, serta menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS.

Pantaun BANGSAONLINE.com, di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan ada 350 petugas pantarlih. Mereka diambil sumpah oleh PPK Kecamatan di Lapangan Bulusari yang dihadiri seluruh kepala desa serta jajaran muspika kecamatan.

"Pasca mereka dilantik di Lapangan Bulusari, selajutkan akan dilakukan bimtek dan pembekalan. Kalau untuk seragam memang masih belum, masih menunggu, sabar dulu ya," jelasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO