Hadir di Raker KWG, Wakil Bupati Gresik Ajak Kolaborasi Bangun Kota Pudak

Hadir di Raker KWG, Wakil Bupati Gresik Ajak Kolaborasi Bangun Kota Pudak Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat menghadiri raker KWG. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , Aminatun Habibah, menghadiri rapat kerja (raker) Komunitas Wartawan (), Sabtu (11/2/2023) malam. Saat itu, ia mengatakan bahwa dalam rangka mensukseskan program pemerintah, terutama dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di , diperlukan dukungan dan peran media.

"Teman-teman media dapat mengedukasi dan mendorong kepada adik-adik kita yang belum bekerja untuk dapat mengisi slot yang masih ada di perusahaan. Sehingga pengangguran terbuka dapat dikurangi," kata (sapaan akrab Wakil Bupati ).

Dia menyampaikan, dalam peraturan daerah (Perda) tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan, perusahaan di wajib menyerap tenaga kerja, atau sumber daya manusia (SDM) lokal, minimal 50 persen dari kebutuhan tenaga kerja di perusahaan.

"Tanggung jawab pelaksanaan penempatan tenaga kerja lokal bukan hanya kewajiban perusahaan, tetapi juga kewajiban Pemerintah Kabupaten," tuturnya.

Dia juga menyebutkan, ada beberapa perusahaan di Kabupaten masih ada yang belum membayar pajak atau terbayarkan. Ini diketahui saat dia menghadiri acara penyerahan sertipikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

"Setelah PTSL ini diketahui ada beberapa perusahaan yang tanahnya masih atas nama penduduk, sedangkan penduduk sendiri sudah menjual kepada perusahaan. Akhirnya, susah dipungut pajaknya," ungkapnya.

Kondisi ini kata wabup, berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dia juga mengungkap adanya investasi dan sektor pariwisata di Kota Industri sangat luar biasa. Namun, belum tegak lurus dengan pengurangan angka pengangguran.

Dia berharap, sektor pariwisata juga dapat ikut mendongkrak peningkatan PAD. Sebab, Kabupaten memiliki daya tarik wisata tersendiri, terutama obyek wisata religi. Dari sektor ini pula akan membuka lapangan pekerjaan, baik dari sisi pengelolaan maupun UMKM jika dikemas secara baik.

"Pemerintah terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multiplayer efek bagi ekonomi masyarakat," tutupnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO