Momen HPN 2023, Pemkot Kediri Ajak Insan Media Hadirkan Berita Terpercaya

Momen HPN 2023, Pemkot Kediri Ajak Insan Media Hadirkan Berita Terpercaya Apip Permana, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui dinas komunikasi dan informatika mengajak para insan media untuk senantiasa menghadirkan berita yang terpercaya dan mengedukasi masyarakat.

Ajakan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri Apip Permana dalam momentum (HPN) yang diperingati tiap tanggal 9 Februari.

Menurut Apip, sejauh ini media/pers di Kota Kediri sudah berkembang cukup bagus. Apalagi seiring dengan kemajuan IT, banyak media digital bermunculan. Sehingga informasi dapat disampaikan dengan cepat kepada masyarakat.

Menyikapi hal itu, kata dia, Pemerintah Kota Kediri siap memberikan dukungan kepada pers dalam memberikan informasi. Khususnya yang terkait dengan program dan kebijakan Pemkot Kediri.

"Dengan demikian jangkauan informasi mengenai kebijakan Pemerintah Kota Kediri akan lebih mudah diakses oleh pers sehingga informasi lebih cepat diterima oleh masyarakat. Saya rasa konsep tersebut juga sejalan dengan tema yakni 'Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat'," ujarnya, Kamis (9/2/2023).

Selain itu, ia berharap media/pers dapat secara aktif membantu menyajikan informasi yang mengedukasi masyarakat, utamanya tentang pengendalian inflasi daerah.

"Memang di Kota Kediri sudah ada tim sendiri, yakni TPID yang bertanggung jawab dalam upaya pengendalian inflasi daerah. Namun demikian, apabila didukung dengan peran dan kapasitas pers/media, kami rasa hasilnya juga akan lebih maksimal," tuturnya.

Melalui peran aktif media, inflasi daerah diharapkan dapat terjaga dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghindari panic buying dapat tumbuh dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Apip juga mengingatkan akan bahaya berita hoax. "Kita wajib memerangi berita hoax, karena hal ini sangat membahayakan terutama untuk masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, dengan menghadirkan berita yang faktual dan terpercaya, dapat menggerus eksistensi berita hoax. "Selamat 2023. Pers bebas, demokrasi bermartabat," tutup Apip. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO