Apresiasi Forum Silaturahmi UMKM Kota Probolinggo, Gubernur Khofifah Optimistis UMKM Tembus Ekspor

Apresiasi Forum Silaturahmi UMKM Kota Probolinggo, Gubernur Khofifah Optimistis UMKM Tembus Ekspor

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim menghadiri Forum Silaturahmi Komunitas Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota , Senin (30/1/23), yang berlangsung di Alun-Alun Kota .

Gubernur Jatim pun mengaku optimistis usaha ini akan terus memajukan sektor UMKM naik kelas dan mampu menembus pasar ekspor. Karenanya, ia mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) tersebut.

Bukan tanpa sebab, sektor UMKM dan Koperasi sebanyak 9,78 juta di Jatim telah menjadi tulang punggung perekonomian daerah. Pada 2021 lalu saja, UMKM dan koperasi mampu memberikan kontribusi sebesar 57,81% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim. Kontribusi itu meningkat 0,56% jika dibandingkan 2020.

"Hari ini 57,81 % kontribusi UMKM Jawa Timur terhadap PDRB, tinggi sekali. Hari demi hari, jaringan sertifikasi halal, merk dagang, dan akses ekspor UMKM kita semakin berkembang," tutur Khofifah.

Untuk itu, Gubernur Jatim Khofifah kembali mengajak semua pelaku UMKM, utamanya di Kota , agar terus bersemangat dalam menjalankan dan memajukan usahanya. Khofifah menekankan kepada pengelola UMKM untuk bersiap diri dalam menyambut persaingan global yang sudah ada di depan mata.

Lebih lanjut Khofifah menuturkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) tengah fokus pada Program Communal Branding atau merk dagang bersama untuk kemudian bisa menembus pasar yang besar dan lebih luas. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan rumah-rumah kurasi yang mempunyai tujuan menjadi tempat mengkurasi produk supaya terstandarisasi untuk mengakses pasar ekspor.

"Rumah kurasi ini tujuannya adalah menaikkan kelas UMKM dan memberikan mind set baru bagi pelaku UMKM bahwa ekspor itu mudah," ujar orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Gubernur menambahkan, bahwa rencananya pada 3 Februari mendatang, akan ada peluncuran Toko Strain Mall yang berada di Damansara, Malaysia. Dari total luas 5.000 m2, 10% nya adalah untuk produk UMKM yang berasal Jawa Timur. "Nanti mereka juga akan melakukan business trip ke wilayah Jawa Timur. Produk-produk yang berasal dari Kota yang siap didatangi oleh pelaku bisnis dari Malaysia monggo disiapkan," ujar Khofifah.

Sejalan dengan upaya peningkatan level UMKM, menurut Khofifah, peningkatan angka IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menjadi bagian yang penting. Hal ini karena daya saing yang dibutuhkan sudah bukan lagi antar kota/kab maupun provinsi tapi sudah antar negara.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO