Ikhtiar Percepat Herd Immunity, 1,2 Juta Dosis Vaksin Inavac Produksi Unair Siap Disuntikkan

Ikhtiar Percepat Herd Immunity, 1,2 Juta Dosis Vaksin Inavac Produksi Unair Siap Disuntikkan Gubernur Khofifah saat meninjau penyuntikkan Vaksin Inavac.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Terdapat 1.225.000 dosis Vaksin Inavac siap disuntikkan dan digunakan oleh masyarakat di tanah air. Sementara ini diprioritaskan untuk booster usia dewasa atau dosis 1 maupun 2. 

Vaksin produksi Universitas Airlangga bersama PT Biotis Pharmaceutical itu siap dikirim ke Kementerian Kesehatan untuk segera disuntikkan pada seluruh warga Indonesia tak terkecuali untuk masyarakat di Jawa Timur.

“Allhamdulillah, progres vaksin Inavac pada awal tahun 2023 ini telah siap 1,2 juta dosis vaksin. Vaksin ini akan menjadi ikhtiar mempercepat kekebalan imunitas masyarakat Indonesia, meskipun kasus Covid-19 terus mengalami penurunan yang signifikan," kata Gubernur di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (6/1/23).

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengupdate progres Vaksin Inavac dari waktu ke waktu. Dalam waktu dekat, akan mengirimkan surat kepada Menteri Kesehatan agar Jawa Timur bisa kebagian jatah dari 1,2 juta dosis tersebut sebelum disebar ke 34 Provinsi di Indonesia.

"Kita berharap, Jatim kebagian jatah yang cukup untuk melanjutkan proses vaksinasi masyarakat untuk mencapai kekebalan imunitas," tuturnya.

Ketua Umum IKA Unair ini menambahkan, dari jumlah 1,2 juta dosis yang siap digunakan itu merupakan hasil produksi pertama dari November 2022 dengan target total produksi mencapai 5 juta dosis. 

Artinya, terdapat sisa yakni 3,8 juta dosis yang masih dalam proses produksi. Bahkan, target produksi Inavac tahun ini pun lebih besar, mencapai 15-20 juta dosis.

"Selain untuk percepatan vaksinasi dalam negeri, sebagian dosis itu akan diekspor ke negara-negara yang membutuhkan," tegasnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO