Unipa Surabaya Ajak Warga di Sidoarjo Atasi Masalah Sampah Melalui Bank Sampah

Unipa Surabaya Ajak Warga di Sidoarjo Atasi Masalah Sampah Melalui Bank Sampah Tim Unipa Surabaya saat pendampingan terkait Bank Sampah di Desa Jatikalang, Kecamatan Krian, Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) mengajak warga Desa Jatikalang, Kecamatan Krian, , untuk mengatasi masalah sampah dengan mendirikan bank sampah.

Pendampingan kepada warga tersebut dilakukan oleh Tim Dosen Program Studi Teknik Lingkungan Unipa melalui Pendanaan Insentif Pengabdian kepada Masyarakat yang Terintegrasi MBKM bagi PTS tahun 2022.

Pengolahan sampah dengan sistem 4R yang terdiri dari Reduce, Reuse, Recycle, dan Recovery melalui bank sampah, masih belum banyak dilakukan oleh masyarakat, termasuk warga Desa Jatikalang, Krian, .

"Bank sampah menjadi media agar masyarakat dapat melakukan pengolahan sampah dan menghasilkan keuntungan karena sampah yang dihasilkan dapat menjadi rupiah," kata Ketua Tim Dosen Program Studi Teknik Lingkungan, Unipa , Sri Widyastuti, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (27/12/2022).

Karena itu, Sri menambahkan, timnya dibantu sejumlah mahasiswa Unipa mendampingi warga Desa Jatikalang, untuk belajar pembuatan manajemen organisasi bank sampah.

Mulai pengumpulan sampah, penimbangan sampah, pencatatan tabungan sampah di buku bank sampah sampai kepada pembagian buku tabungan bank sampah. Pendampingan ke warga untuk mengelola bank sampah ini dilakukan selama tiga hari, pada tanggal 14 hingga 16 Desember 2022 lalu.

Kegiatan belajar mengelola sampah melalui bank sampah ini diikuti oleh 100 warga Desa Jatikalang, Krian. Warga antusias ingin mempraktekkan bank sampah ini, sebab membayangkan uang yang dihasilkan oleh bank sampah sangat menjanjikan, jika warga benar-benar berkomitmen menerapkannya secara berkelanjutan.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO